Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JELANG RAMADAN 2014: Makam Ustad Uje Dipadati Peziarah Dari Berbagai Daerah

Kendati sudah wafat satu tahun yang lalu namun menjelang bulan Ramadan makam ustad muda Jeffry Al Buchori (Uje) semakin ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah dan menjadi berkah bagi pedagang di sekitar makam.

Bisnis.com, JAKARTA - Kendati sudah wafat satu tahun yang lalu namun menjelang bulan Ramadan makam ustad muda Jeffry Al Buchori (Uje) semakin ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah dan menjadi berkah bagi pedagang di sekitar makam.

"Makam ustad kharismatik itu semakin ramai dikunjungi orang dari banyak daerah, apalagi menjelang bulan puasa," kata Helmi Ibrahim, Kepala Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Pasar Baru Barat, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2014).

Helmi mengatakan peziarah makam Uje tidak hanya datang dari Jakarta tapi dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kemarin sore ada tiga bus rombongan peziarah dari Bali, tadi pagi ada satu bus dari Brebes," ujar Helmi.

Dia menambahkan pada hari kerja jauh sebelum bulan Ramadan makam Uje dikunjungi 50 hingga 200 peziarah, sedangkan menjelang Ramadan dan Idulfitri jumlahnya akan semakin banyak.

"Berdasarkan pengalaman menjelang Ramadan tahun lalu, di hari biasa mencapai 300 orang, hari Sabtu dan Minggu saya kira 1.000 sampai 2.000 orang akan berziarah, mungkin akan lebih dari itu".

Lilih Mufliyah, salah satu pengunjung dari Ciampea, Bogor, yang berziarah bersama suaminya memilih berziarah lebih awal untuk menghindari keramaian di bulan puasa.

"Tahun lalu ramai sekali, makanya tahun ini saya duluan berziarah, biar lebih menikmati suasana," kata Lilih.

Lilih yang sudah dua kali berziarah ke makam Uje juga mengaku sering mengunjungi makam ulama lainnya seperti Habib Munzir dan Ustad Zainuddin MZ untuk mendoakan para pemuka agama tersebut sekaligus berwisata religi.

"Sebelum puasa memang terbiasa ziarah makam orang tua dan pemuka agama," katanya.

Masdi, peziarah dari Brebes mengatakan mengunjungi makam para pemuka agama sudah menjadi tradisi dan bentuk wisata religi menjelang bulan Ramadan.

Di sisi lain, kondisi itu dimanfaatkan pedagang di sekitar makam Uje untuk meraih keuntungan dengan menggelar dagangan berupa foto, VCD ceramah, dan beragam aksesoris bertema ustad Jeffry Al Buchori. (ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper