Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI Jakarta Jadi Model Transaksi Nontunai

DKI Jakarta menjadi provinsi pertama di Indonesia yang menerapkan Non-Cash Transaction (NCT) sebagai alat pembayaran.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - DKI Jakarta menjadi provinsi pertama di Indonesia yang menerapkan Non-Cash Transaction (NCT) sebagai alat pembayaran.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan penunjukkan Jakarta sebagai model percontohan penggunaan NCT ini karena segala pembayaran yang dilakukan oleh Pemprov DKI menggunakan transaksi non tunai.

"Kenapa kami katakan DKI ini jadi pionir karena dalam dua tahun ini kami mengamati DKI sebagai salah satu provinsi yang konsisten menerapkan transaksi non tunai,” ujarnya dalam acara Gerakan Nasional Non Tunai di Mall Mangga Dua, Kamis (14/8/2014).

Pemprov DKI Jakarta melakukan pembayaran gaji dari petugas kebersihan dan pegawai negeri sipil (PNS) menggunakan transaksi non cash yakni transfer melalui rekening Bank DKI. Pembayaran retribusi rumah susun (Rusun) dan Pedagang Kaki Lima (PKL) pun juga dilakukan secara non cash.

Di sektor transportasi, Pemprov DKI pun telah menerapkan sistem E-ticketing untuk para penumpang yang menggunakan layanan transportasi umum Transjakarta.

Menurutnya, dengan menggunakan transaksi non cash dapat menghindari korupsi dalam pengadaan barang dan jasa maupun proyek. Pasalnya, semua transaksi yang dilakukan tercatat dan dilakukan audit secara elektronik (E-audit).

"Transkasi non cash ini dapat menggerakan perekonomian secara efisien," kata Agus.

Pihaknya berharap agar banyak daerah lain selain Jakarta yang menerapkan sistem NCT ini agar dapat mengendalikan perekonomian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper