Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita Pengalaman Jokowi Kalah Balap Karung di Waduk Pluit

Presiden terpilih Joko Widodo berbagi pengalaman ihwal lomba balap karung yang diikutinya di kawasan Waduk Pluit Jakarta di HUT RI ke-69, Minggu (17/8/2014).
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo berbagi pengalaman ihwal lomba balap karung yang diikutinya di kawasan Waduk Pluit Jakarta di HUT RI ke-69, Minggu (17/8/2014).

Dia mengaku selalu senang ketika melihat rakyat di kampung mengadakan lomba sederhana setiap kali memperingati hari kemerdekaan. Rakyat selalu tampak senang dan bersuka hati.

"Untuk bergembira, tak perlu hal-hal yang tinggi," katanya ketika memberi ceramah dalam acara Good Governance and Studium Generale Presiden Terpilih di Hotel Four Season Jakarta, Selasa (19/8/2014) malam.

Jokowi sengaja mengunjungi Waduk Pluit pada hari kemerdekaan itu. Dia ingin melihat kegembiraan masyarakat. Di sana, kata Jokowi, ada sekitar 30.000 warga yang menyaksikan kegembiraan lomba Agustus-an.

Dia pun diminta warga untuk mengikuti sejumlah perlombaan yang digelar. Ada lomba panjat pinang, makan krupuk, sepak bola, balap karung dan banyak lagi.

"Mau ikut komba panjat gak berani. Saya maunya ikutan lomba yang enak, makan krupuk tapi sama keamanan gak boleh. Katanya bahaya. Hmm... Krupuk aja kok harus di-food checking dulu. Duh gak jadi lagi. Ya sudah saya ikut balap karung, kalau jatuh paling sakit," katanya.

Pengalaman balap karung yang diikuti Jokowi menyisakan kenangan yang tak pernah dilupakannya. Dia mengaku tak mengejar kemenangan, bahkan Jokowi mengaku hampir terjatuh.

"Dari 10 orang ikut lomba, saya juara nomor ke-10. Tapi meski saya kalah, saya tidak gugat ke panitia. Bener saya tidak gugat. Yang paling penting saya bisa seneng, rakyat seneng, ya itulah kegembiraan," katanya diiringi tawa ribuan hadirin.

Bukan hanya itu. Jokowi diarak warga untuk bermain sepak bola. Awalnya Jokowi menolak bermain lantaran merasa sudah lama tidak berolah raga. "Wong saya sudah berapa bulan tidak pernah lari, sepedaan, jogging," paparnya.

"Terus malah disuruh main sepak bola, baru 3 menit sudah ada penalti, saya disuruh eksekusi, ya saya seneng pokoknya, kalau yang gampang pasti mau. Alhamdulillah saya tendang penalti dan gol. Kalau gak gol ya kebangetan. Setelah pertandingan berjalan 4 menit, saya mundur. Istirahat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper