Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Tangerang Perbaiki Data Program Perlindungan Sosial

Pemerintah Kota Tangerang meminta aparatur Kecamatan dan Kelurahan melakukan verifikasi data pendataan program perlindungan sosial (PPLS) dengan akurat dan optimal, karena data itu merupakan landasan seluruh program yang akan dilaksanakan.

Bisnis.com, TANGERANG—Pemerintah Kota Tangerang meminta aparatur Kecamatan dan Kelurahan melakukan verifikasi data pendataan program perlindungan sosial (PPLS) dengan akurat dan optimal, karena data itu merupakan landasan seluruh program yang akan dilaksanakan.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan verifikasi PPLS sangat dibutuhkan, selain untuk penanggulangan kemiskinan, PPLS dapat dijadikan data terpadu untuk berbagai sasaran program pemkot seperti program peningkatan pendidikan yang disebut Tangerang Cerdas.

“Dengan adanya verifikasi PPLS tentunya akan memudahkan pelaksanaan kebijakan dan tepat sasaran. Karena pendataan yang dilakukan berdasarkan indikator yang telah ditentukan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (20/8/2014).

Sebelumnya, ujarnya, guna mendapatkan gambaran kondisi rumah tangga dan keluarga sasaran program penaggulangan kemiskinan, PPLS tahun 2011 telah diverifikasi oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Tangerang pada akhir 2013.

Verifikasi dan perbaharuan data, tuturnya, perlu dilakukan untuk mengakomodir rumah tangga yang belum terdata, sehingga akan mendapatkan data kondisi terbaru dan akurat.

"Saya harap verifikasi PPLS dapat segera diselesaikan. Untuk memudahkan pendataan ke masyarakat, Kelurahan dapat melakukan koordinasi dan komunikasi dengan RT/RW setempat,” ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Tangerang Said Endrawiyanto mengatakan verifikasi PPLS 2011 telah dilakukan sejak April 2014.

Menurutnya, adanya verifikasi dan pembaharuan PPLS 2011 dapat menghasilkan kertas kerja atau format data perubahan dan data tambahan yang sudah dilegalisir dan direkap oleh Kelurahan dan Kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper