Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI JAKARTA Gelar Lebaran Betawi di Monas Akhir Pekan Ini

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar kegiatan Lebaran Betawi di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu-Minggu (13-14/9/2014).
Dua generasi masyarakat Betawi tengah bermain alat musik Tanjidor. /jakarta.go.id
Dua generasi masyarakat Betawi tengah bermain alat musik Tanjidor. /jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar kegiatan Lebaran Betawi di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu-Minggu (13-14/9/2014).

"Lebaran Betawi merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar oleh Pemprov DKI sebagai salah satu upaya pelestarian kebudayaan Betawi," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Saefullah dalam konferensi pers di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (11/9/2014).

Dalam kegiatan ini akan ditampilkan berbagai macam kebudayaan Betawi yang terdiri dari pertunjukan seni serta variasi kuliner khas Betawi.

Terkait penyelenggaraan acara itu, dia meminta seluruh warga yang berkunjung dapat senantiasa menjaga kebersihan dan keindahan kawasan wisata tersebut.

"Siapa pun yang datang harus disiplin dengan tidak membuang sampah sembarangan. Saya juga minta kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI dan polisi taman agar memperhatikan kebersihan disana," ujar Saefullah.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Lebaran Betawi 2014, Rachmat H.S. menuturkan pihaknya telah melakukan sosialisasi mengenai acara tersebut dengan berbagai cara, diantaranya memasang spanduk dan menyebar undangan secara luas.

"Setiap tahun, kegiatan ini digelar di wilayah yang berbeda-beda. Tahun ini kebagian di wilayah Jakarta Pusat, yaitu di Monas. Berikutnya, kami akan gilir lagi wilayah-wilayah DKI yang lainnya," tutur Rachmat.

Dia mengungkapkan kegiatan tersebut akan dimeriahkan dengan pertunjukan seni khas Betawi, di antaranya gambang kromong, tanjidor, ondel-ondel, dan grup musik Betawi.

Selain itu, untuk festival kuliner Betawi akan dimeriahkan dengan workshop, demo dan lomba memasak, atraksi juggler serta bazar kuliner yang diikuti oleh sekitar 40 stand kuliner hasil binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta.

"Kami optimistis acara ini akan menarik perhatian warga masyarakat maupun wisatawan. Kami pun menargetkan 10.000 pengunjung akan hadir selama 2 hari penyelenggaraan acara tersebut," ujar Rachmat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper