Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinas Kebersihan DKI Hemat Anggaran Rp1,4 miliar Melalui Cara Ini

Dinas Kebersihan DKI Jakarta tahun ini telah menghemat anggaran senilai Rp14 miliar dalam melakukan pengadaan barang melalui sistem elektronik catalogue (E-catalogue).
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Kebersihan DKI Jakarta tahun ini telah menghemat anggaran senilai Rp14 miliar dalam melakukan pengadaan barang melalui sistem elektronik catalogue (E-catalogue).

Kepala Dinas Kebersihan DKI Saptastri Edinigtyas Kusumadewi mengatakan pelaksanaan pengadaan sebanyak 285 kendaraan angkutan sampah dan 13 alat berat tahun 2014 melalui sistem e-purchasing.

E-purchasing merupakan sistem pembelian barang yang telah didaftarkan dalam sistem e-catalogue.

Kendaraan angkutan sampah yang dibeli dengan e-purchasing dalam e-catalogue tahun ini terdiri dari 50 unit dump truk jecil, 8 unit dump truk kecil berbucket, 48 unit dump truk besar, 19 unit truk arm roll kecil, 15 unit arm roll besar, 9 unit truk tronton dan 136 unit gerobak motor.

Untuk alat berat terdiri dari shovel loader sebanyak 7 unit, excavator long arm 3 unit, dan excavator amphibious sebnayak 3 unit.

"E-purchasing ini mampu menghemat anggaran senilai Rp14 miliar itu, lalu kami kembalikan ke kas daerah. Kendaraan itu telah diserahterimakan untuk dioperasikan melayani pengangkutan sampah kepada suku-suku dinas Kebersihan," ujar di Jakarta, Selasa (16/9).

Tyas menuturkan pengadaan barang melalui e-catalogue memiliki beberapa keuntungan, yaitu para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI tak perlu menghabiskan waktu hingga enam bulan lebih untuk menyelenggarakan lelang.

Selain itu, tidak hanya mampu menyelamatkan uang negara dalam jumlah yang cukup besar tetapi sistem ini memudahkan pembelian barang dengan standar internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper