Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JARINGAN PIPA GAS DKI: Bulan Ini Sudah Masuk ke Rusun Marunda

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menargetkan peresmian penyaluran gas bumi ke rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Marunda, Jakarta Utara dapat dilaksanakan pada bulan ini.
Jaringan Pipa Gas/JIBI
Jaringan Pipa Gas/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menargetkan peresmian penyaluran gas bumi ke rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Marunda, Jakarta Utara dapat dilaksanakan pada bulan ini.

Juru Bicara PGN Irwan Andri Atmanto mengatakan pihaknya bersama perwakilan dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral pada Jumat (12/9/2014) telah berkunjung ke rusun Marunda untuk mengecek kesiapan jaringan pipa dan fasilitas penunjang.

"Kami berharap bulan September ini bisa diresmikan oleh Gubernur DKI Joko Widodo," ucapnya saat dihubungi Bisnis.com, Rabu (17/9/2014).

Saat ini, PGN bersama pemerintah provinsi DKI Jakarta tengah membahas masalah pembayaran, apakah akan dibayar melalui Bank DKI atau melalui metode lainnya.

"Sekarang masih dibicarakan dengan pemprov DKI soal pembayaran warga rusun yang menggunakan gas, apakah lewat Bank DKI atau apa, itu masih dibicarakan," lanjut Irwan.

Rusun di wilayah Jakarta yang sudah terpasang jaringan pipa gas dan telah terhubung dengan pipa gas PGN antara lain rusun Marunda, Tipar, Sukaraja, Tzu Ci, Tebet Harum, dan Tebet Berlian.

Keenam rusun tersebut terdiri dari 3.410 unit hunian yang terdiri dari Marunda sebanyak 595 unit, Tebet Harum 320 unit, Tebet Berlian 120 unit, Tzu Chi 1.054 unit, Sukapura 324 unit, dan Tipar Cakung 1.000 unit.

Namun, rusun-rusun tersebut juga belum mendapat aliran gas dari PGN dikarenakan masih berlangsungnya pembahasan terkait metode pembayaran gas dengan pemprov DKI.

Setelah diresmikan, Rusun Marunda akan menjadi rusun pertama yang akan mendapat aliran gas bumi dari PGN.

Setelah penyaluran gas di Rusun Marunda diresmikan, PGN juga akan mengalirkan gas secara bertahap ke enam rusun yang telah terpasang saluran pipa gas ke pipa PGN. Ditargetkan, di sebelum tahun 2015 ke enam rusun tersebut sudah dapat dialiri gas PGN.

"Kami juga berencana menyalurkan ke dua rusun yang saat ini belum ada pipa gas, yaitu rusun Flamboyan dan Cinta Kasih," tandas Irwan.

Rusun Flamboyan terdiri dari 560 unit hunian, dan rusun Cinta Kasih terdiri dari 582 unit hunian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper