Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Melonjak Hingga Rp2 Juta

Menjelang hari raya Idul Adha, harga jual hewan kurban semakin melonjak. Meskipun demikian, lonjakan harga itu tidak menyurutkan minat masyarakat untuk berkurban.

Bisnis.com, JAKARTA--Menjelang hari raya Idul Adha, harga jual hewan kurban semakin melonjak. Meskipun demikian, lonjakan harga itu tidak menyurutkan minat masyarakat untuk berkurban.

Eko R, salah seorang penjual hewan kurban di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, menyatakan harga hewan kurban pada tahun ini meningkat hingga Rp2 juta-Rp3 juta dibandingkan dengan harga jual hewan kurban pada tahun lalu.

Menurutnya, harga seekor sapi yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari Rp15 juta hingga Rp25 juta. Perbedaan harga ditentukan oleh berat hewan kurban.

"Kalau untuk harga kambing, ada yang seharga Rp2 juta hingga Rp3,5 juta," kata Eko kepada Bisnis Sabtu (20/9/2014).

Dia mengatakan, kenaikan harga pada hewan kurban disebabkan karena tingginya ongkos pengiriman dan harga pakan ternak. Selain itu, faktor keterbatasan pasokan hewan kurban juga ditengarai menjadi penyebab naiknya harga jual.

Berdasarkan pantauan Bisnis, hingga saat ini di lokasi penjualan milik Eko masih terlihat sepi pengunjung. Hanya ada beberapa pengunjung yang mampir ke lokasi tersebut untuk membandingkan harga hewan kurban.

Eko mengatakan, lokasi penjualan hewan kurbannya biasanya mulai ramai pembeli 1 minggu menjelang Idul Adha. Hal itu terjadi karena pembeli biasanya tidak ingin terlalu lama menitipkan hewan kurbannya di tempat penjualan.

"Kalau dititipkan disini kan biasanya pembeli harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatannya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper