Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebutuhan Hewan Kurban di Bekasi Diperkirakan Naik 5%

Pemerintah Kota Bekasi memperkirakan kenaikan permintaan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1435 H mencapai 5% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Pemerintah Kota Bekasi memperkirakan kenaikan permintaan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1435 H mencapai 5% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pasar Kota Bekasi Edy Kadarusman mengatakan kebutuhan hewan kurban pada 2013 mencapai 5.497 ekor sapi, 14.009 kambing, dan 2.113 ekor domba. Tahun ini, ia memprediksi adanya peningkatan hingga 5% seiring dengan membaiknya ekonomi masyarakat dan meningkatnya kesadaran beribadah bagi muslim di wilayah itu.

"Ini merupakan indikasi ekonomi masyarakat Kota Bekasi semakin meningkat, serta kesadaran beribadahnya yang juga meningkat," ujarnya, Selasa (30/9/2014).

Indikator adanya peningkatan jumlah penjualan hewan kurban di Kota Bekasi, kata Edy, dapat dilihat dari permintaan masyarakat kepada para pedagang hewan kurban. Dia menyebutkan sudah lebih dari 600 ekor sapi Bali yang terjual melalui pemesanan sementara sapinya masih belum didatangkan ke Bekasi.

Dia memperkirakan, penjualan akan semakin meningkat pada saat dekat dengan hari raya Idul Adha. "Biasanya dua hari menjelang hari raya, sudah menjadi puncak penjualan hewan kurban," katanya.

Kendati demikian, Edy menjamin persediaan hewan kurban di wilayah itu aman. Saat ini, ketersediaan hewan kurban lokal masih mencapai antara 150 hingga 200 ekor sapi, kambing sebanyak 15.000 ekor hingga 16.000 ekor, dan domba sebanyak 5.000 ekor hingga 6.000 ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper