Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEMO BURUH: Pengunjuk Rasa Long March ke Istana. Hindari Jalur Thamrin-Medan Merdeka Siang Ini

Aksi buruh/@TMCPoldaMetro
Aksi buruh/@TMCPoldaMetro

Bisnis.com, JAKARTA -- Para pengguna jalan raya yang akan melalui ruas jalan Thamrin-Medan Merdeka mulai Bundaran HI hingga Istana Negara diharap mencari alternatif lain.

Pasalnya, berdasar informasi dari Kantor Berita Antara dan akun Twitter @TMCPoldaMetro, ribuan buruh melakukan aksi unjuk rasa di ruas jalan Mohammad Thamrin hingga Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Seperti diberitakan Antara, Kamis (2/10/2014) puluhan ribu buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan beberapa organisasi buruh lainnya memadati Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, untuk menuntut kesejahteraan.

"Puluhan ribu massa yang kami turunkan hari ini untuk berorasi dan menuntut beberapa hal demi kesejahteraan buruh nantinya," Kata Presiden KSPI Said Iqbal di Jakarta.

Ia mengatakan dalam unjukrasa itu, para buruh menuntut kenaikan upah minimal 30%, menolak kenaikan harga bahan bakar minyak, manfaat jaminan pensiun buruh 75%.

Lanjutnya, mereka juga menuntut penghapusan pekerja alih daya (outsourcing), jaminan kesehatan gratis seluruh rakyat, setop penambangan Freeport dengan empat kali kejadian puluhan buruh meninggal.

Aksi seperti ini juga serentak diikuti puluhan ribu di Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Sumatera Utara, Aceh, Batam dan daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Dikatakannya, aksi buruh ini dilakukan Sejabodetabek, dan nantinya akan berorasi dari Bundaran HI ke Depan Istana Negara dan dilanjutkan aksi di depan Kantor Gubernur DKI Jakarta.

Tidak cukup di situ, puluhan ribu buruh berencana berpencar untuk berorasi di depan Gedung DPR RI, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), dan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Para pengunjukrasa juga akan melakukan orasi di depan kantor pusat PT Freeport karena sebagian tuntutan para buruh juga menyinggung PT tersebut.

"Kami berharap pemerintah bisa mengabulkan tuntutan para buruh dan pemerintah diharapkan bisa berpihak kepada rakyatnya dan tidak memikirkan kepentingan lainnya," tutur Iqbal.

Aksi massa yang terdiri dari para buruh Sejabodetabek itu dilakukan sekitar pukul 10.00 Wib dan pertama kali berkumpul dan memadati Bundaran Hotel Indonesia.

Sementara berdasar informasi di akun Twitter @TMCPoldaMetro, massa sudah berada di depan Istana pada sekitar pukul 12.36 WIB.

Berikut laporan dari akun @TMCPoldaMetro:

12.30 Kegiatan Unjuk rasa serikat Pekerja di dpn Balaikota DKI Jakarta masih berlangsung , dlm pengamanan Polri

12.30 Kegiatan Unjuk rasa serikat Pekerja di dpn Balaikota DKI Jakarta masih berlangsung , dlm pengamanan Polri

12.36 Aksi Unjuk rasa serikat Pekerja di dpn Ista negara , dlm pengamanan Polri

12.38 Aksi Longmarch serikat pekerja di jl medan merdeka Barat arah Istana negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Twitter

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper