Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Total Kekayaan Ketua DPR Setya Novanto

Harta kekayaan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto tercatat mencapai Rp73,79 miliar dan US$17.781. Jumlah kekayaan tersebut berdasarkan dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2009.
Setya Novanto/Antara
Setya Novanto/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Harta kekayaan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto tercatat mencapai Rp73,79 miliar dan US$17.781. Jumlah kekayaan tersebut berdasarkan dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2009.

Harta tersebut terdiri dari harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan senilai Rp49 miliar yang berada di 10 lokasi di Jakarta Selatan, 3 lokasi di Jakarta Barat, 4 lokasi di Bogor dan 2 lokasi di Bekasi. Selanjutnya, harta bergerak senilai Rp3,02 miliar yang terdiri atas mobil BMW 735LI, 2 motor Suzuki, 3 motor Honda, mobil Toyota Kijang, mobil Toyota Camry, mobil Daihatsu Feroz, mobil Jeep Commander, mobil Merceds Benz C280 dan mobil VW Caravelle.

Setya juga tercatat memiliki logam mulia senilai Rp340,97 juta, batu mulia sebanyak Rp591,4 juta dan benda bergerak lain senilai Rp412 juta sehingga total harta bergerak lain adalah Rp1,34 miliar. Sementara kekayaan dari surat berharga berjumlah total Rp6,51 miliar dan ditambah dengan giro dan setara kas lainnya sejumlah Rp13,83 mmiliar dan 17.781 dolar AS.

Kewajiban penyelenggara negara untuk melaporkan harta kekayaan diatur dalam UU No 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme dan UU No 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pindana Korupsi.

Berdasarkan ketentuan tersebut, penyelenggara negara wajib melaporkan harta kekayaannya saat pertama kali menjabat, mutasi, promosi dan pensiun. Nantinya, Setya kembali wajib melaporkan harta kekayaannya pada 2014 karena kembali menjabat sebagai anggota DPR dan bahkan naik jabatan sebagai Ketua DPR periode 2014-2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper