Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok Tentukan Wagub Usai Dilantik Jadi Gubernur DKI

Wakil Gubernur (wagub) DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku baru akan menentukan calon wagubnya usai dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo (Jokowi).

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Gubernur (wagub) DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku baru akan menentukan calon wagubnya usai dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo (Jokowi).

"Lebih baik tidak usah membicarakan itu (cawagub) sekarang. Nanti saja lah, kalau saya sudah benar-benar dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta," katanya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, sampai dengan saat ini dirinya masih menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI, sehingga belum berwenang untuk menentukan calon wakilnya.

"Saat ini memang saya masih belum mempunyai wewenang untuk memilih calon wagub. Akan tetapi, kalau saya sudah dilantik menjadi Gubernur DKI, baru saya bisa tentukan wakil saya," ujar Ahok.

Sementara itu, terkait tiga nama yang sering kali disebut untuk menggantikan posisinya, yaitu Ketua DPD PDIP DKI Boy Sadikin dan Ketua DPD Partai Gerindra DKI Mohammad Taufik dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Ahok mengaku menyerahkan keputusan itu kepada partai.

"Saya serahkan keputusan itu sepenuhnya kepada kebijakan partai. Hanya saja, kalau memang saya boleh memilih, saya ingin sosok pemimpin yang seperti mantan Wali Kota Blitar, yaitu Djarot Saeful Hidayat," tutur Ahok.

Kendati demikian, mantan Bupati Belitung Timur itu mengaku akan tetap membuat rekomendasi mengenai sosok yang akan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta selanjutnya kepada DPRD DKI Jakarta.

"Saya akan membuat rekomendasi sendiri. Saya akan pilih orang yang tidak bermasalah dengan saya. Kalau nanti orang yang dipilihkan oleh partai ternyata kurang cocok, saya bisa saja tidak setuju. Saya yakin saya punya kewenangan itu," ujar Ahok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper