Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPRD DKI: Ahok Tak Bisa Pilih Wakil Semaunya Sendiri

Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama ternyata tak bisa memilih dan menentukan sendiri calon wakilnya di Pemprov DKI Jakarta.

Bisnis.com, JAKARTA--Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama ternyata tak bisa memilih dan menentukan sendiri calon wakilnya di Pemprov DKI Jakarta.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik menegaskan Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama tidak bisa memilih sendiri wakilnya karena tidak sesuai aturan.

"Pengangkatan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta harus sesuai aturan yang ada sehingga tidak bisa asal tunjuk siapa yang mengisi salah satu jabatan itu," katanya seperti dikutip Antara, Jumat (24/10/2014).

Menurut dia, semua sudah ada aturannya di dalam peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) sehingga harus melalui DPRD.

Aturan dalam Perppu sudah jelas semuanya sehingga pemerintah tinggal mengikuti aturan tersebut dan partai politik hanya mengusulkan.

Semua dilakukan melalui pengusulan oleh partai politik dan untuk keputusannya tetap di tangan DPRD sesuai dengan isi dalam aturan yang berlaku.

Dia memepertanyakan pendapat Plt Gubernur Jakarta Basuki Tjahja Purnama yang menyatakan dapat memilih sendiri wakilnya.

"Jangan pernah melakukan penunjukan langsung untuk mengisi jabatan gubernur ataupun wakil gubernur karena apabila itu dilakukan maka secara langsung melanggar aturan yang ada," katanya.

Terkait kekosongan jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta, dia mengatakan jabatan tersebut tidak sepatutnya dilelang karena jabatan tersebut bukan jabatan main-main.

"Paling mungkin yang lelang jabatan itu partai politiknya karena itu yang akan mengusulkan. Jadi jangan dibuat sembarang lah. Aturannya sudah jelas, pemilihan Gubernur oleh DPRD," katanya.

Jadi, menurut dia, pengganti posisi Gubernur DKI Jakarta pengganti Jokowi harus dipilih melalui DPRD seperti halnya dengan jabatan wakil gubernur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler