Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asal Usul Nama Bunderan HI Jakarta

Bunderan Hotel Indonesia atau HI merupakan tempat yang berada persis di persimpangan jalan depan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Bisnis.com, JAKARTA-Bunderan Hotel Indonesia atau HI merupakan tempat yang berada persis di persimpangan jalan depan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Di situ terdapat monumen patung Selamat Datang yang khusus dibangun untuk menyambut kontingen duta olah raga pada pesta Asian Games tahun 1962.

Patung itu melambangkan keramahan dan keceriaan bangsa Indonesia, yang dibawahnya terdapat kolam berbentuk bulat dan sejumlah air mancur yang hampir sepanjang waktu memancarkan airnya.

Zaenuddin HM, dalam buku karyanya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, terbitan Ufuk Press pada Oktober 2012, menjelaskan ide pembuatan patung itu berasal dari Presiden Soekarno.

Selanjutnya, rancangan awal pembangunan patung Selamat Datang dikerjakan pelukis Heng Ngantung yang pada saat itu menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Pembangunan patung Selamat Datang membutuhkan waktu sekitar satu tahun, dan setelah rampung kemudian diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 1962.

Bunderan HI berada tepat di garis axis utara-selatan yang mengikat kawasan pelabuhan Tanjung Priok di sebelah utara dan kawasan Kebayoran di sebelah selatan.

Disebut Bunderan HI karean selain bentuknya bundar, juga karena setiap kendaraan yang melintas tempat tersebut harus memutari jalan yang melingkar.

Kini Bunderan HI menjadi tempat strategis di Ibu Kota bagi para demonstrans untuk menyuarakan aspiras serta membentangkan segala bentuk poster dan spanduk saat berunjuk rasa.

Mereka yang akan berdemo ke Istana Negara maupun ke Gedung MPR/DPR biasanya mampir dulu di Bunderan HI tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper