Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Minta Pemkot Depok Permudah Investasi

Kalangan pengusaha meminta Pemerintah Kota Depok memudahkan perizinan investasi seiring banyaknya investor yang berniat membenamkan modalnya di kota tersebut.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, DEPOK- Kalangan pengusaha meminta Pemerintah Kota Depok memudahkan perizinan investasi seiring banyaknya investor yang berniat membenamkan modalnya di kota tersebut.
 
Wakil Ketua Kamar Dagang Industri Kota Depok Muhammad Roni mengatakan Pemkot Depok harus terbuka memberikan informasi ihwal sektor dan kawasan yang potensial di Depok.
 
"Kami minta Pemkot Depok jangan menutup-nutupi. Jelaskan apa adanya kondisi riil di Depok," paparnya usai menghadiri acara Penyusunan Profil dan Video Investasi Kota Depok, Kamis (13/11).
 
Menurutnya, Kadin Kota Depok mendukung upaya pemerintah tersebut dalam menyusun profil investasi yang bisa memberikan gambaran bagi kalangan pengusaha.
 
Namun, katanya, Pemkot Depok sendiri tidak menjelaskan secara detail apa saja kebijakan dan rencana strategis untuk menggiring kalangan investor.
 
Dia mengatakan persoalan zonasi menjadi salah satu catatan penting yang harus dipetakan, karena, katanya, selama ini sejumlah zona di Kota Depok belum memiliki ketetapan peruntukan.
 
"Sebagai contoh apakah sekarang pemerintah sudah memiliki data mana saja zona terlarang, dibatasi dan diperbolehkan untuk untuk dibangun usaha sektor tertentu," ujarnya.
 
Hal tersebut, katanya harus benar-benar diperhatikan agar ke depan kalangan investor bisa benar-benar mudah dan tahu betul sektor apa yang akan diinvestasikannya.
 
Anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia Kota Depok Iqbal Iskandar Alam menuturkan Pemkot Depok dinilai belum siap untuk menyusun profil investasi di kota tersebut.
 
Menurutnya, ketidaksiapan itu terlihat dari profil investasi yang menggunakan data dan informasi kedaluarsa. "Sebagai investor mungkin akan heran melihat data profil investasi tahun 2012. Sementara sekarang sudah tahun 2014," paparnya.
 
Iqbal mengatakan, seharusnya Pemkot Depok memberikan data kondisi Depok terkini. Pasalnya, informasi dan data Kota Depok berubah sangat cepat setiap bulannya.
 
Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Depok Sri Utomo mengatakan pihaknya tidak pernah berencana mempersulit perizinan pendirian usaha bagi investor.
 
Dia memaparkan lembaganya justru membuka akses seluas mungkin untuk membujuk investor menanamkan modalnya di Kota Depok. “Kami jamin perizinan tidak bakal sulit,” ujarnya.
 
Sri memaparkan, pihanya mengajak semua kalangan di semua sektor dinas Kota Depok untuk membantu BPMP2T. “Jadi masing-masing dinas bisa memberikan gambaran apa saja potensi di sektor masing-masing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper