Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Tangerang Raih Juara Umum IRSA 2014

Kota Tangerang meraih juara umum sebagai kota metropolitan yang dinilai berkomitmen mendukung keselamatan berkendara pada ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2014 untuk kategori Saver User, Saver Road and Saver Vehicle.

Bisnis.com, TANGERANG—Kota Tangerang meraih juara umum sebagai kota metropolitan yang dinilai berkomitmen mendukung keselamatan berkendara pada ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2014 untuk kategori Saver User, Saver Road and Saver Vehicle.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah yang didaulat sebagai narasumber pada press conference IRSA 2014 mengatakan keselamatan berkendara menjadi prioritas pembangunan transportasi di Kota Tangerang.

“Salah satunya melalui program forum lalu lintas Kota Tangerang yang berjalan dengan baik selama ini. Pemkot dan pihak kepolisian juga rutin berkoordinasi terkait manajemen lalu lintas yang berkeselamatan,” tuturnya dalam keterangan resmi, Rabu (26/11/2014).

Menurutnya, Pemkot Tangerang terus meningkatkan sarana dan prasarana transportasi, misalnya dengan menyediakan buslane, Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway Transjakarta (APTB), jalur sepeda, ATCS dan lainnya.

Pada tahapan penilaian serta penjurian, Kota Tangerang masuk menjadi empat besar finalis bersama Bekasi, Sleman, dan Tangerang Selatan dalam kategori kota metropolitan yang mempunyai komitmen dalam mendukung keselamatan berkendara.

Indikator penilaian dalam aspek keselamatan jalan yaitu manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan berupa prasarana jalan yang representatif, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan serta penanganan pasca keselamatan.

Dari aspek penilaian tersebut, Arief menjelaskan Kota Tangerang dinilai memiliki keunggulan hampir di semua aspek. Terlihat dari peningkatan panjang jalan maupun perbaikan jalan kota dari 300,5 km pada 2010 menjadi 305,8 km pada 2014.

Selain itu, pembangunan trotoar juga tercatata meningkat, yakni dari 151,8 km pada 2010, menjadi 216,37 km pada tahun ini.

Menurutnya, pengawasan terhadap perilaku berkendara yang berkeselamatan tercermin dengan keikutsertaan Kota Tangerang dalam komitmen keselamatan lalu-lintas yang ditandatangani di Kyoto, Jepang pada 2009 dan diperbaharui pada 2014 di Kolombo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper