Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Membeli Spare Part Kendaraan di Pasar Asem Reges

Pasar Asem Reges yang dikenal sebagai pusat sparepart terbesar bisa menjadi jawaban untuk para pengguna mobil-mobil lawas yang kesulitan mencari onderdil kendaraan kesayanganya.
Foto ilustrasi onderdil mobil. /Antara
Foto ilustrasi onderdil mobil. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Pasar Asem Reges yang dikenal sebagai pusat sparepart terbesar bisa menjadi jawaban untuk para pengguna mobil-mobil lawas yang kesulitan mencari onderdil kendaraan kesayanganya.

Pasar yang terletak di kawasan Sawah Besar ini memang terkenal lengkap, terutama untuk para pemburu suku cadang kendaraan-kendaraan lama yang sudah berhenti memproduksi sparepartnya.

Ivan Hermawan salah satunya. Pria berbadan gempal ini mengakui selalu mencari suku cadang untuk Toyota Starletnya di Asem Reges, karena apa yang dia cari sudah tidak lagi ada di bengkel resmi.

Sayangnya, mencari onderdil di pasar ini tidaklah mudah. Menurut Ivan, sebagian besar barang yang dijual di pasar ini adalah barang copotan, istilah yang digunakan untuk sparepart yang dicopot dari mobil bekas, atau dicopot dari mobil orang lain melalui tindakan ilegal.

Belum lagi banyaknya calo yang berada di sekitar kawasan pasar. Menurut Fri Nana Praya, Kepala Pasar Asem Reges, setidaknya ada sekitar 100 calo di pasar tersebut.

Kepala pasar ini memberikan tipsnya untuk berbelanja di Pasar Asem Reges. Pertama, hindari calo dan langsung ke pemilik toko. Para calo ini biasanya langsung mendekati calon konsumen, dan langsung menanyakan apa yang akan dia cari.

Saran kedua, teliti sebelum membeli. Hal tersebut disebabkan karena separuh sparepart yang di jual di pasar ini adalah sparepart copotan sehingga kualitas barang pun harus selalu diperhatikan. Tidak ada salahnya, sebelum datang ke pasar ini pembeli melakukan perbandingan di tempat lainnya, agar mendapat harga yang memuaskan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Avisena
Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper