Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Hal Mengasyikkan yang Bisa Anda Lakukan di Monas

Salah satu destinasi rekreasi murah meriah yang menjadi incaran warga Jakarta ialah kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Bisnis.com, JAKARTA—libur akhir pekan sudah tiba. Saatnya Anda berekreasi bersama keluarga ataupun kerabat. Salah satu destinasi rekreasi murah meriah yang menjadi incaran warga Jakarta ialah kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Berdasarkan penelusuran Bisnis.com, berikut 7 hal mengasyikkan yang bisa Anda lakukan di kawasan Monas.

Lari

Dengan luas yang mencapai 80 ha, Monas memiliki jalur khusus untuk joging. Olahraga ini dapat Anda lakukan pada pagi mulai jam buka operasional pukul 04.00 WIB. Suasana asri dan rimbunnya pepohonan menambah sejuk suasana lari Anda.

Olahraga futsal, voli, dan basket     

Pengunjung yang datang bersama keluarga atau kerabat dapat memanfaatkan fasilitas kawasan lapangan yang terdiri dari empat lapangan futsal, satu lapangan voli, dan satu lapangan basket secara gratis.

Sayangnya, fasilitas yang dibangun pada 2004 ini memiliki berbagai kekurangan, seperti tidak adanya jaring di gawang, cat dan semen yang mengelupas, serta kondisi lapangan yang kerap digenangi air pada musim hujan. 

Naik ke tugu

Tugu monas memiliki ruangan Museum Sejarah Nasional dan Ruang Kemerdekaan. Pada bagian dalam museum terdapat 51 diorama (peraga) yang mengilustrasikan sejarah bangsa Indonesia.

Di Ruang Kemerdekaan pengunjung dapat melihat empat atribut kemerdekaan dalam ukuran besar meliputi peta kepulauan RI, lambang negara burung garuda, gapura berisikan naskah proklamasi, dan teks proklamasi. Setiap satu jam, pengunjung juga dapat mendengarkan rekaman suara Bung Karno saat membacakan teks proklamasi.

Selain wisata sejarah, pengunjung dapat pula menyaksikan Jakarta dari ketinggian 115 meter di pelataran puncak. Apalagi di pelataran ini terdapat empat teropong di setiap sudutnya untuk membantu pengunjung menikmati pemandangan. 

Berfoto dengan badut

Berdasarkan penelusuran Bisnis.com pada Jumat, (12/12/2014) terdapat sejumlah badut di Monas dari tokoh kartun seperti Doraemon, Marsha, Spongesbob, Mickey Mouse, Spiderman. Bagi Anda yang memiliki anak ataupun ingin mengenang masa kecil, berfoto dengan badut menjadi pilihan yang menarik. Namun, jangan lupa untuk memberikan uang ala kadarnya untuk menghargai jasa mereka.

Bersepeda

Pengunjung dapat membawa sepeda sendiri ataupun menyewa di tempat. Uniknya, penjual jasa penyewaan menyediakan sepeda untuk dua orang dan tiga orang. Apabila ingin menyewa, pengunjung dapat merogoh kocek Rp20.000 untuk bersepeda selama 20 menit.

Melihat pameran atau event

Kawasan Monas memang menjadi langganan acaraseperti lari maraton, pentas musik, dan pameran. Hal ini menjadi salah satu daya tarik ikon Ibu Kota ini. Misalnya pada 12 – 15 Desember 2014, TNI AD mengadakan pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) dalam rangka memeringati hari Juang Kartika ke-69.

Membeli suvenir

Beragam cinderamata khas Jakarta dan Monas berupa gantungan kunci, pulpen, kaos, dan lain-lain ada di sini. Harga yang ditawarkan pun cukup murah. Untuk suvenir kecil harga berkisar Rp5.000, sedangkan yang besar mencapai Rp50.000. Baju berbagai ukuran dibanderol Rp50.000 per 3 buah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper