Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Asal Usul Nama Ancol di Jakarta

Ancol sangat terkenal karena di kawasan itu sekarang terdapat lokasi pariwisata Taman Impian Jaya Ancol, dengan Dunia Fantasi (Dufan) dan Sea World-nya.
Pantai di Ancol, Jakarta Utara/wikipedia.org
Pantai di Ancol, Jakarta Utara/wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA-- Ancol sangat terkenal karena di kawasan itu sekarang terdapat lokasi pariwisata Taman Impian Jaya Ancol dengan Dunia Fantasi (Dufan) dan Sea World-nya.

SIMAK: Ahok Siap Mati Demi Bereskan Jakarta

Ancol sangat identik dengan tempat rekreasi keluarga yang juga memiliki pantai yang indah terhubung langsung dengan Laut Jawa. Ancol juga dikenal lewat senetron Si Manis Jembatan Ancol yang diperankan artis seksi Diah Permatasari, yang mengangkat kisah horor tentang hantu perempuan cantik dari legenda masa silam.

Mengapa diberi nama Ancol?  Zaenuddin HM menjelaskannya dalam buku karyanya berjudul “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Ancol artinya “tanah mendidih berpayau-payau.”  Menurut kisah, dahulu di zaman penjajahan Belanda, bila laut Jawa sedang pasang maka air asin itu bercampur dengan air tawar di kali sehingga menjadi air payau.

Air payau itu kemudian menggenangi daratan atau tanah di sekitarnya, sehingga air di daratan pun menjadi terasa asin. Orang-orang Belanda pada zaman VOC berkuasa menyebut kawasan tersebut sebagai Zoutelande alias “tanah asin.”

Juga, menjadi sebutan untuk kubu pertahanan tentara Belanda yang dibangun pada 1656. Dalam sejarah, Ancol disebut-sebut sebagai salah satu medan perang antara Belanda dan pribumi atau bangsa Indonesia, di samping Kepala Tanjung Wahanten (Banten) pada masa pemerintahan Kerjaan Surawisessa pada 1521-1535.

Tentu karena daerah Ancol sangat strategis sebagai benteng pertahanan perang. Demikianlah asal usul nama Ancol. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

JAMINAN KESEHATAN NASIONAL: Kepuasan Peserta Rendah

5 Isu Paling Penting Soal Agama di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Nancy Junita
Sumber : Bisnis.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper