Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INFLASI DESEMBER 2014: Pemprov DKI Optimis Tidak Akan 2 Digit

Pemerintah Provinsi DKI optimistis inflasi Desember 2014 tidak akan menyentuh angka dua digit, kendati terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).
 Pasar Tradisional
Pasar Tradisional

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI optimistis inflasi Desember 2014 tidak akan menyentuh angka dua digit, kendati terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Kepala Biro Perekonomian DKI Adi Ariantara mengatakan berdasarkan proyeksi pesimistis inflasi DKI pada Desember berada di angka 8,45% atau mengalami penaikan 3,91% dibandingkan dengan inflasi tahun ke tahun atau year on year (yoy) yaitu 4,54%.

Kenaikan harga BBM terjadi saat tingkat konsumsi dan stok kebutuhan terjaga. Belajar dari tahun sebelumnya pun, kata Adi, inflasi tak akan mencetak ke dua angka.

"Dari dampak tahun lalu, inflasi tidak menembus angka dua digit. Proyeksi pesimisnya naik 3,91% menjadi 8,45% ditambah inflasi yoy 4,54%," ujarnya kepada Bisnis di Balai Kota, Rabu (31/12/2014).

Lebih lanjut, kontribusi terbesar penaikan infasi berasal dari tarif angkutan yaitu sebesar 2,25%. Adapun, rinciannya angkutan dalam kota 1,91%, antar kota 0,3% dan kereta api 0,3%.

"Kontribusi terbesar memang di angkutan yaitu 2,25%," katanya.

Sisanya, menurut Adi, dampak langsung penaikan harga premium turut andil 1,3%. Sementara, komponen lainnya berasal dari upah tenaga kerja dan harga sewa rumah sebesar 0,37% dan bahan pangan sebesar 0,16%.

"Dampak langsung kenaikan harga premium itu 1,3% dan yang lainnya seperti tenaga kerja, sewa kamar dan bahan pangan 0,16%," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper