Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Asal Usul Nama Kedoya di Jakarta Barat

Kedoya adalah tempat yang merupakan wilayah kelurahan di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Belakangan nama Kedoya sering disebut-sebut karena di daerah itu terdapat studio televisi swasta yakni Metro Tv dan kantor redaksi Harian Media Indonesia.
Wilayah Jakarta Barat/jakarta.go.id
Wilayah Jakarta Barat/jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA-- Kedoya adalah tempat yang merupakan wilayah kelurahan di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Belakangan nama Kedoya sering disebut-sebut, karena di daerah itu terdapat studio televisi swasta yakni Metro Tv dan kantor redaksi Harian Media Indonesia.

Bukan hanya itu, daerah Kedoya juga letaknya cukup strategis dan mempunyai garis historis dengan sejarah Batavia. Banyak orang belum tahu dan menanyakan mengapa kawasan permukiman penduduk itu dinamakan Kedoya, yang secara sepintas seperti kata dalam bahasa India

Zaenuddin HM, dalam bukunya berjudul “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” (diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012, tebal 377 halaman) menjelaskan tentang nama Kedoya.

Menurutnya, nama Kedoya bukan diambil dari kata dalam bahasa India. Sebab, Kedoya adalah jenis pohon duku yang berasal dari Australia.

Jenis pohon duku itu dalam bahasa Latin adalah dysoxylum gaudhichaudianum atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal sebagai ivory mahagony.

Pada masa lampau, di kawasan itu konon banyak tumbuh pohon Kedoya, karena penduduk sengaja menanamnya karena buahnya enak dimakan, teras manis.

Dulu penduduk setempat memiliki kebun-kebun yang ditanami pohon Kedoya, sehingga keadaannya seperti hutan pohon Kedoya.

Nah, itulah asal usul kenapa daerah tersebut diberi nama Kedoya, yang terkenal hingga sekarang. Namun, karena pengembangan wilayah dan penduduk membangun rumah-rumah, maka pohon Kedoya ditebangi hingga nyaris tidak ada lagi pohon tersebut. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

6 Tanda Pria Sakit Kanker

BEKASI DIBULLY: "Liburan ke Aussie Lebih Mudah Ketimbang Bekasi"

Koran Australia Terbitkan Kartun Nabi Muhammad Berdebat dengan Nabi Isa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Nancy Junita
Sumber : Bisnis.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper