Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Maret 2015, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Beroperasi

Untuk mengurus perizinan di DKI Jakarta, kini Pemprov DKI memiliki Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) hingga tingkat kelurahan.Lembaga baru ini terus berbenah tersebut, dan akan menerapkan prosedur perizinan secara online.
Pelayanan terpadu satu atap hingga tingkat keluarahan mulai beroperasi Maret 2015/beritajakarta.com
Pelayanan terpadu satu atap hingga tingkat keluarahan mulai beroperasi Maret 2015/beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Untuk mengurus perizinan di DKI Jakarta, kini Pemprov DKI memiliki Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) hingga tingkat kelurahan.
Lembaga baru ini terus berbenah tersebut, dan akan menerapkan prosedur perizinan secara online.

Layanan perizinan berbasis online akan diterapkan mulai Maret 2015. Melalui sistem online itu, masyarakat yang hendak mengurus perizinan, tak perlu lagi mendatangi ke kantor PTSP hanya untuk mengisi formulir permohonan.

"Sekarang onlinenya belum siap. Sistem layanan online kira-kira baru bisa berjalan di bulan Maret," kata Kepala BPTSP DKI, Noor Syamsu, Selasa (13/1/2015).

Menurut Noor, sistem layanan perizinan online yang ditargetkan mulai efektif pada Maret nanti akan memudahkan masyarakat. Sebab, setiap pemohon, tidak lagi direpotkan mengisi formulir permohonan perizinan di kantor-kantor PTSP.

"Formulir permohonan bisa diisi masyarakat di rumah melalui internet," terangnya.

Dikatakan, segala macam hal yang berkaitan dengan administrasi dapat dikirimkan melalui akun email BPTSP DKI. Hanya saja, sistem online tersebut saat ini belum bisa berjalan, karena masih harus menunggu jajaran Diskominfomas DKI membangun jaringan di kantor-kantor BPTSP.

"Jadi pas izinnya mau kami tandatangani dan kita berikan, pemohon baru bawa berkas aslinya untuk dicocokkan dengan berkas yang dikirim via email," jelasnya.

Dikatakan Noor, setelah jaringan internet selesai dibangun, pihaknya akan langsung menguji coba sistem layanan online ini pada jenis perizinan kecil seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

"Kami targetkan memang pas tiga bulan itu sudah ada layanan perizinan yang dionline-kan," harapnya.

Dia berharap sistem layanan perizinan online ini dapat berjalan lancar di setiap kantor PTSP di tingkat kelurahan, kecamatan, walikota hingga provinsi.

"Kalau itu sudah jalan semua, lama-lama PTSP di kantor kelurahan kami bubarkan perlahan-lahan. Karena nanti orang tinggal telepon, email dari rumah," tambahnya. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Inilah Lurah Muda & Cantik, Nurmala, dari Gorontalo

Jurus Wagub Djarot Agar Pasar Tradisional Tak Kalah dengan Pasar Modern

Camat & Lurah di Jakarta Tak Bisa "Gaptek"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Beritajakarta.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper