Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perekonomian Jakarta Unggul, Peluang Kerja Masih Terbuka

Ibu Kota mengungguli kota-kota di Amerika Serikat sebagai kota dengan perekonomian terbaik. Jakarta berada di posisi 34 dari 300 kota di seluruh dunia menurut The Brookings Institution & JPMorgan Chase.

Bisnis.com, JAKARTA--Ibu Kota mengungguli kota-kota di Amerika Serikat sebagai kota dengan perekonomian terbaik. Jakarta berada di posisi 34 dari 300 kota di seluruh dunia menurut The Brookings Institution & JPMorgan Chase.

The Brookings Institution & JPMorgan Chase memantau pertumbuhan ekonomi yang unggul. Selain itu, Jakarta mengalami pertumbuhan lapangan pekerjaan pada 2013-2014 sebesar 2,6%.

Sekretaris Jenderal Dewan Buruh DKI Muhammad Toha menuturkan lapangan kerja di Ibu Kota tidak mengalami pengurangan walaupun Upah Minimum Provinsi (UMP) naik setiap tahunnya.

"Secara umum kan normal pertumbuhan lapangan pekerjaan. Pertumbuhan upah di Jakarta sampai 20% itu tidak mengurangi lapangan kerja," katanya, Rabu (28/1/2015).

Dia melihat kebutuhan masyarakat untuk mengkonsumsi produk semakin tinggi yang dipengaruhi oleh tingkat upah justru akan meningkatkan penyerapan produk yang tinggi pula. Hal ini yang menyebabkan ketersediaan lapangan pekerjaan selalu ada di Ibu Kota.

Pertumbuhan pengupahan relatif pada porsinya mendorong konsumerisme tinggi, tingkat penyerapan produk semakin tinggi untuk membuka lapangan kerja, ujarnya.

The Brookings Institution & JPMorgan Chase mendaulat Macau sebagai kota dengan ekonomi terbaik sedunia. Selain itu, kota-kota di Turki dan Tiongkok mendominasi urutan teratas, sedangkan Bangkok berada di posisi buncit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper