Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahukah Anda Asal Usul Nama Pulo Gebang di Jakarta Timur

Pulo Gebang merupakan kawasan kelurahan di Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Kelurahan Ujung Menteng di sebelah utara, Kelurahan Penggilingan di barat, Kelurahan Kranji dan Kelurahan Kota Baru Bekasi di timur.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-Pulo Gebang merupakan kawasan kelurahan di Kecamatan Cakung Jakarta Timur,

Wilayahnya berbatasan dengan Kelurahan Ujung Menteng di sebelah utara, Kelurahan Penggilingan di barat, Kelurahan Kranji dan Kelurahan Kota Baru Bekasi di timur.

Selanjutnya juga berbatasan dengan Kelurahan Pondok Kopi, Kelurahan Duren Sawit dan Kelurahan Bitara Bekasi Barat di sebelah Selatan.

Dari mana asal usul nama Pulo Gebang? Zaenuddin HM, menjelaskan dalam buku karyanya 212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada 2012.

Dijelaskan bahwa nama Pulo Gebang diduga berasal dari kata pulo yang artinya daratan atau pulau dan kata gebang atau pohon gebang.

Menurut sejarah, dahulunya kawasan itu berupa pulau yang banyak tumbuh pohon gebang (corypha utan), yakni jenis pohon palem yang memiliki daun menyerupai daun lontar.

Namun, yang membedakannya dengan lontar,  antara lain pohon gebang hanya berbuah sekali pada akhir masa hidupnya.

Pohon gebang yang tumbuh itu ada yang secara alamiah dan juga ada yang dibudidayakan atau sengaja ditanam oleh penduduk.

Lantaran kawasan tersebut banyak tumbuh pohon gebang, maka kemudian diberi nama Pulo Gebang dan dikenal hingga sekarang.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper