Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Asal Usul Nama Pondok Kopi di Jakarta Timur

Pondok Kopi adalah satu kawasan yang merupakan kelurahan di wilayah Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Wilayah tersebut berbatasan dengan Kelurahan Penggilingan dan Kelurahan Pulo Gebang di sebelah utara.
Kawasan Pondok Kopi di Jakarta Timur/Beirtajakarta.com
Kawasan Pondok Kopi di Jakarta Timur/Beirtajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA-Pondok Kopi adalah satu kawasan yang merupakan kelurahan di wilayah Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

SIMAK: 100 HARI JOKOWI-JK: Begini Reaksi Jokowi Ditanya Rapor Puan Maharani

Wilayah tersebut berbatasan dengan Kelurahan Penggilingan dan Kelurahan Pulo Gebang di sebelah utara. Selanjutnya Kelurahan Malaka Jaya dan Kelurahan Pondok Kelapa di sebelah barat, Kecamtan Bekasi di timur dan Kelurahan Pondok Kelapa di selatan.

Zaenuddin HM, dalam buku karyanya “212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, diterbitkan Ufuk Press pada 2012, menjelaskan bahwa ada beberapa versi tentang asal usul nama Pondok Kopi.

Ada pihak yang menyebut pada masa lampau di daerah itu banyak tumbuh pohon kopi, sebagai rempah-rempah utama. Kopi tersebut kemudian dibawa orang-orang Belanda ke negerinya, mengingat Hindia Belanda pernah menjajah Batavia dalam tempo yang cukup lama.

Ada pula yang mengatakan dahulunya kawasan tersebut banyak pondok dan di situlah para kompeni Belanda singgah. Demikian pula para budak dari beberapa daerah yang bermukim di Batavia selalu singgah untuk meminum komi di pondok-pondok tersebut.

Besar kemungkinan nama Pondok Kopi berasal dari keadaan sosialnya pada masa silam. Pondok Kopi yang sekarang merupakan perkampungan, komplek perumahan dan sebagian pertokoan. Wilayahnya sudah jauh berubah, seiring dengan perkembangan kota Jakarta.

BACA JUGA:

PARKIR LIAR: Petugas Derek Mobil Berlambang DPR

CALON KAPOLRI TERSANGKA: Jokowi Tak Minta Nama Pengganti Budi Gunawan ke Tedjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper