Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Nila Moeloek Kunjungi Badan Informasi Geospasial

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek akan melakukan kunjungan kerja ke Badan Informasi Geospasial (BIG) di Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (24/2/2015).
Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek. /ANTARA
Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek. /ANTARA

Bisnis.com, BOGOR - Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek akan melakukan kunjungan kerja ke Badan Informasi Geospasial (BIG) di Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (24/2/2015).

Kunjungan Menteri Kesehatan tersebut sekaligus melakukan penandatanganan MoU dengan BIG untuk memudahkan program yang dilakukan Kementerian atau lembaga di Indonesia.

"Untuk mendorong agar penyelenggaraan informasi geospasial berdaya guna, salah satu jalan yang ditempuh adalah melalui kerja sama berbagai pihak," ujar F. Wahyutomo, Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama, Selasa (24/2/2015).

Kerja sama tersebut, kata dia diperlukan antarinstansi dalam menjawab berbagai kebutuhan yang bisa terpenuhi dan berjalan secara baik.

Sebelumnya, beberapa kementerian dan lembaga juga telah bekerja sama dengan BIG antara lain Bappenas, Kemenristek Dikti, Kapolri dan sejumlah pemerintah daerah.

Pada kunjungan dan penandatangan MoU tersebut, pihaknya akan memaparkan kondisi peta dan cara kerja yang selama ini dilakukan BIG. Acara dijadwalkan berlangsung pada pukul 09.00 WIB.

Infomasi Geospasial

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 94 Tahun 2011, Badan Informasi Geospasial adalah lembaga pemerintah nonkementerian di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Badan ini melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Informasi Geospasial. Beberapa produk BIG a.l. Jaring Kontrol Geodesi, Peta Rupabumi, Peta Kelautan, Atlas, Peta Tematik, Dokumen Standar, Buku Geospasial, Jasa Survei dan Pemetaan, hingga Jasa Diklat.

Sesuai dengan UU No 4 tahun 2011 tentang Informasi Geospasial (UUIG) terdapat beberapa istilah penting terkait dengan informasi Geospasial.

Spasial adalah aspek keruangan suatu objek atau kejadian yang mencakup lokasi, letak, dan posisinya.

Geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.

Data geospasial adalah data tentang lokasi geografis, dimensi atau ukuran, dan/atau karakteristik objek alam dan/atau buatan manusia yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi.

Informasi geospasial adalah data geospasial yang sudah diolah sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian.\

Informasi geospasial sangat berguna sebagai sistem pendukung pengambilan kebijakan dalam rangka mengoptimalkan pembangunan di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan ketahanan nasional, khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam, penyusunan rencana tata ruang, perencanaan lokasi investasi dan bisnis perekonomian, penentuan garis batas wilayah, pertanahan, dan kepariwisataan. Informasi geospasial juga merupakan informasi yang amat diperlukan dalam penanggulangan bencana, pelestarian lingkungan hidup, dan pertahanan keamanan. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper