Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pegawai Pemkab Tangerang Diperintahkan Bikin E-mail agar Tak “Gaptek”

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memerintahkan semua kepala dinas dan kepala badan di lingkup Pemerintahan Kabupaten Tangerang membuat alamat surat elektronik atau e-mail pribadi.
Ilustrasi internet/Istimewa
Ilustrasi internet/Istimewa

Bisnis.com, TANGERANG— Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memerintahkan semua kepala dinas dan kepala badan di lingkup Pemerintahan Kabupaten Tangerang membuat alamat surat elektronik atau e-mail pribadi.

Perintah membuat akun surat elektronik ini untuk mendukung program pemerintah daerah yang akan mengoneksikan seluruh layanan dengan sistem online.

"Banyak yang gaptek (gagap teknologi). Sekarang saya minta mereka bikin e-mail sendiri, biar belajar dan jangan gaptek lagi," kata Zaki, Selasa (31/3/2015).

Zaki menjelaskan, itu nantinya akan dijadikan sarana komunikasi antarinstansi pemerintahan, seperti surat-menyurat dan dokumentasi.

"Ke depannya, tidak pakai lagi disposisi. Surat-menyurat dilakukan secara elektronik," ujarnya.

Cara ini, menurut Zaki, lebih efektif, tidak bertele-tele, serta mampu memotong panjangnya birokrasi pemerintahan. Sistem elektronik office (e-office) ini akan dikelola langsung oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tangerang sebagai operator.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tangerang Soma Atmadja mengatakan, selain harus membuat akun e-mail, seluruh satuan kerja perangkat dinas (SKPD) kini tengah membuat sistem informasi, seperti menyiapkan database, web, serta perangkat lunak yang dibutuhkan.

"Supaya bisa mengintegrasikan database semua instansi yang ada," katanya.

Menurut Soma, jika semua sudah terintegrasi, layanan akan terkoneksi dengan SKPD kantor kecamatan, bahkan semua sekolah di Kabupaten Tangerang.

Bupati Tangerang menargetkan, pada 2018, semua layanan pemerintahannya sudah berbasis online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper