Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MAYAT DI DANAU UI: Tewasnya Ace Ubah Sistem Akademik UI

Kepala Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, Yasman, mengatakan pihak kampus akan evaluasi sistem akademik.
Universitas Indonesia/Antara
Universitas Indonesia/Antara

Bisnis.com, DEPOK— Kepala Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, Yasman, mengatakan pihak kampus akan evaluasi sistem akademik.

 Evaluasi ini dilakukan sehubungan dengan tewasnya Akseyna Ahad Dori, mahasiswa jurusan biologi. Akseyna ditemukan meninggal dan jasadnya mengapung di Danau Kenangan UI.

Sistem akademik yang dievaluasi, yaitu sistem online yang selama ini digunakan mahasiswa untuk mengurus administrasi dan kegiatan perkuliahan. Menurut Yasman, sistem ini ternyata punya kekurangan yang berakibat tidak pekanya dosen kepada mahasiswanya.

"Ada fasilitas konsultasi secara online yang malah membuat hubungan mahasiswa dan dosen tak dekat karena komunikasi dilakukan secara tak langsung," kata Yasman di kantornya, Selasa (31/3/2015).

Karena itu, Yasman mengatakan, pihak kampus beserta jajaran dosen dan pimpinan segera rapat soal efektivitas fasilitas konsultasi online bagi mahasiswa. Belajar dari pengalaman Akseyna Ahad Dori yang diketahui tak pernah berkomunikasi soal kesulitannya dalam bidang akademik, pihak kampus mengkaji strategi baru untuk memfasilitasi mahasiswa yang pendiam dan tertutup seperti Akseyna.

"Sepertinya fasilitas online tak efektif untuk mengatasi kesulitan siswa karena balasan dosen bisa berhari-hari baru diterima mahasiswa," kata dia.

Jadi, nantinya akan dibentuk sistem di mana mahasiswa harus bertemu dengan pembimbing akademiknya secara langsung untuk berdiskusi soal kesulitan mereka dalam hal apapun saat menjadi mahasiswa UI.

Yasman berharap pembimbing akademik yang dapat menampung keluh-kesah mahasiswa, terutama soal ketertinggalan materi atau nilai mereka yang mungkin tak mencukupi.

Yasman mengimbau mahasiswa tak sungkan untuk bercerita perihal kesukaran akademik pada pembimbing masing-masing. Cara ini dapat membantu dosen untuk evaluasi kondisi mahasiswa ataupun materi kuliah.

 "Tak banyak mahasiswa yang mau terbuka pada dosen," katanya.

Akseyna ditemukan tewas mengapung di Danau Kenanga UI pada Kamis (26/3/2015). Identitasnya terungkap setelah orang tuanya datang dari Yogyakarta dan mendatangi Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta TImur, pada Senin (30/3/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper