Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyak Mantan Anggota Dewan Tak Kembalikan Mobil Dinas

Para anggota DPRD DKI Jakarta periode 2004-2009 diimbau mengembalikan mobil dinas. Pemprov DKI Jakarta akan melelang mobil tersebut mengingat usia pakainya sudah tua.
Mobil dinas DPRD DKI Jakarta/Beritajakarta.com
Mobil dinas DPRD DKI Jakarta/Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Para anggota DPRD DKI Jakarta periode 2004-2009 diimbau mengembalikan mobil dinas. Pemprov DKI Jakarta akan melelang mobil tersebut mengingat usia pakainya sudah tua.

Hingga saat ini masih ada sejumlah anggota Dewan yang belum mengembalikan mobil dinas  ke Pemprov DKI Jakarta. Salah satunya Wakil Ketua Fraksi Demokrat-PAN Taufiqurahman. Mobil yang belum dikembalikannya adalah mobil Toyota Corolla Altis.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau agar para anggota dan mantan anggota Dewan tersebut segera mengembalikan mobil dinas, karena mobil akan dilelang.

"Kawan-kawan yang belum mengembalikan kendaraan, kembalikanlah," pinta Heru di Balai Kota, Senin (20/4/2015).

Pihaknya telah menggelar sekali pelelangan mobil dinas pada tahun ini, dan berhasil menjual sebanyak 167 unit kendaraan roda empat. Lelang tersebut sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri No 17 tahun 2007, tentang pedoman teknis Barang Milik Daerah (BMD) dan PP No 6 tentang BMD, dan Barang Milik Negara (BMN) dengan ketentuan kondisi kendaraan semuanya baik dengan kelengkapan surat kendaraan. Kendaraan yang dilelang harus berusia di atas lima tahun.

Lelang mobil dinas aset Pemprov DKI dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang sesuai harga pasaran.

"Jadi, kalau mau dijual ke pihak kedua, pihak keduanya itu kalau mau jual lagi enggak bisa. Sejauh ini, kebanyakan yang pakai untuk digunakan sendiri. Kalau mau jual lagi paling ambil untung R 500.000 sampai Rp1 Juta," ujarnya.

Heru menambahkan, sebagian besar mobil dinas yang terjual adalah kendaraan bermotor kategori kelas menengah dan angkutan barang. Sedangkan, mobil kelas premium, yang digunakan oleh pejabat eselon II dan anggota DPRD, masih sangat sedikit yang terjual.

"Altis tidak laku dilelang tuh. Yang laku tuh yang seperti Kijang, APV, Gran Max. Mungkin harganya ketinggian. Tapi, enggak apa-apa, kalau enggak laku, akan kita bagiin ke dinas-dinas dan sudin-sudin yang membutuhkan untuk kendaraan operasionalnya," tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Beritajakarta.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper