Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ujian Nasional: 75% Soal UN SD & MI Dibuat Disdik DKI. Sisanya, 25% Kemendikbud

Soal ujian nasional untuk sekolah dasar dibuat oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta sebesar 75% dan sisanya 25% oleh Kemendikbud.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan bahwa ujian nasional untuk tingkatan sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di wilayahnya siap dilaksanakan mulai 18-20 Mei 2018, menyusul telah didistribusikan soal-soal ujiannya pada Sabtu 16 Mei 2015.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan bahwa penyusunan soal UN SD berbeda dengan penyusunan soal UN SMA dan SMP. 

Menurutnya, apabila soal UN untuk SMP dan SMA seluruh soal alias 100% disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), namun untuk soal UN SD sebesar 75% disusun oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan sisanya 25% oleh Kemendikbud.

Perbedaan porsi pembuatan soal tersebut lantaran otonomi daerah. "Jadi proporsi soal UN SD lebih banyak disusun oleh Dinas Pendidikan. Ya otonomi daerah," tuturnya.

Selain itu, dirinya juga menyatakan bahwa ujian telah siap dilakukan menyusul segala persiapan telah dilakukan mulai dari proses penyusunan naskah soal, pengadaan naskah soal, pembentukan panitia penyelenggara, sosialisasi pelaksanaan UN SD hingga pengamanan distribusi naskah soal dari tempat percetakan ke lima titik rayon yang menjadi lokasi pendistribusian.

"Sabtu, telah kita distribusikan naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Daerah di lima titik distribusi," tuturnya, Minggu (17/5).

Bahkan pihaknya juga menggelar video conference saat melakukan penyerahan serentak naskah soal UN ke lima titik distribusi, dari SDN Menteng 03, Jalan Cilacap, Menteng, Jakarta Pusat.

Sementara itu, terkait pendistribusian soal, Dinas Pendidikan DKI Jakarta melakukannya sejak Sabtu (16/5). Naskah soal UN SD didistribusikan di lima titik, yakni SDN Menteng 03 untuk wilayah Jakarta Pusat, SD Swasta Jubile untuk wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, SD Swasta Al Azhar 1 Kebayoran Baru untuk wilayah Jakarta Selatan, SD Swasta Sevilla untuk wilayah Jakarta Barat, dan SD Swasta Notre Dame untuk Jakarta Barat.

Dari lima titik distribusi tersebut, naskah soal UN SD atau lebih dikenal dengan nama Ujian Sekolah/Madrasah Berstandar Daerah (US/M BD) akan dibagikan ke 52 subrayon SD/Madrasah se-DKI Jakarta.

Dengan rincian, 44 lokasi subrayon SD dan delapan subrayon Madrasah Ibtidaiyah (MI).

"Nanti, ketika sampai di subrayon masing-masing, dokumen soal UN akan dipilah per mata ujian sesuai hari pelaksanaan. Selanjutnya dilakukan pengamanan dokumen di setiap subrayon," ujarnya.

Adapun jumlah naskah soal UN yang diterima Dinas Pendidikan ada sebanyak 153.134 lembar soal dengan 9.404 amplop, dengan rincian untuk SD ada sebanyak 140.704 lembar soal dengan jumlah amplop sebanyak 8.507 lembar amplop dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 12.430 dengan 897 amplop.

Hal tu masih terinci lagi dalam 5 wilayah, untuk SD di Jakarta Pusat menerima 13.655 lembar soal dengan 896 amplop. Jakarta Utara menerima 21.562 lembar soal dengan 1.303 amplop. Jakarta Barat menerima 30.956 lembar soal dengan 1.866 amplop. Jakarta Selatan menerima 30.932 lembar soal dengan 1.864 amplop.

Sementara untuk Jakarta Timur menerima 43.178 lembar soal dengan 2.533 amplop dan Kepulauan Seribu menerima 411 lembar soal dengan 45 amplop.

Sedangkan rincian untuk MI, di Jakarta Pusat ada 314 lembar soal dengan 30 amplop, Jakarta Utara 1.968 lembar soal dengan 137 amplop, Jakarta Barat ada 3.049 lembar soal dengan 228 amplop, Jakarta Selatan ada 3.750 lembar soal dengan 266 amplop, Jakarta Timur sebanyak 3.271 lembar soal dengan 232 amplop dan Kepulauan Seribu sebanyak 78 lembar soal dengan 4 amplop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper