Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ujian Nasional: Disdik DKI Jamin Soal UN SD & MI Tidak Bocor

Dinas Pendidikan DKI Jakarta menjamin tidak ada kebocoran naskah soal Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar (UN SD) sederajat di Jakarta.nn
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun 75% porsi penyusunan soal ujian nasional dilakukan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan sisanya 25% oleh Kemendikbud, Dinas Pendidikan DKI Jakarta menjamin tidak ada kebocoran naskah soal Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar (UN SD) sederajat di Jakarta.

Jaminan itu diberikan karena pengiriman dan pendistribusian dokumen soal UN dikawal ketat oleh aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan pengamanan naskah UN SD di Jakarta dilakukan bekerja sama dengan Polda Metro Jaya. Pengamanan di tingkat provinsi dilakukan oleh personel Polda Metro Jaya sebanyak 12 orang.

Sedangkan untuk tingkat rayon, lanjutnya, pengamanan dokumen soal UN dikawal oleh polres masing-masing wilayah sebanyak jumlah subrayon. Setiap rayon akan dikawal oleh satu orang polisi, sehingga apabila ada 6 rayon SD, akan dikawal 6 aparat kepolisian.

"Untuk penjagaan naskah di tingkat subrayon, masing-masing subrayon akan dijaga oleh dua polisi. Artinya akan ada 52 polisi yang menjaga 52 subrayon SD di Jakarta," ujarnya.

Selain dijaga ketat oleh polisi, lanjutnya, untuk menjamin keabsahan soal, dilakukan pemindaian lembar jawaban yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan DKI sendiri.

Bahkan untuk pengiriman naskah soal ke Kepulauan Seribu, akan ada tiga aparat kepolisian yang mengawal naskah tersebut di daratan hingga tiba ke lokasi. Kemudian di lokasi, naskah akan dikawal oleh aparat kepolisian dari polsek setempat.

"Untuk keamanannya lagi, setiap naskah diserahkan kita buatkan berita acaranya. Bahwa soal diterima masih dalam kondisi tersegel. Bahkan, saat pelaksanaan ujian, amplop naskah diperlihatkan ke siswa dan pengawas, kalau amplopnya masih tersegel," terangnya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI ini menjamin tidak ada kebocoran soal selama penyelenggaraan UN SMP dan SMA di tahun ini serta penyelengaraan UN SD tahun-tahun lalu. "Sampai saat ini kami belum pernah mendengar kebocoran soal UN di tingkat SD, SMP dan SMA," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper