Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kantor Kelurahan Tak Keluarkan Surat Izin Domisili

Perangkat Pemkot Tangerang Selatan hingga tingkat Rukun Warga/Rukun Tetangga (RT/RW) dilarang mengeluarkan surat keterangan domisili bagi warganya.
Ilustrasi./
Ilustrasi./

Bisnis.com, TANGSEL-Perangkat Pemkot Tangerang Selatan hingga tingkat Rukun Warga/Rukun Tetangga (RT/RW) dilarang mengeluarkan surat keterangan domisili bagi warganya.

Ernawati, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, mengatakan kini penggunaan surat keterangan domisili sudah secara resmi dihapus.

“Bagi warga diimbau agar segera mendatangi Kantor Disdukcapil Kota Tangsel di Cilenggang Kecamatan Serpong, untuk mengisi biodata terbaru,” katanya.

Menurutnya, biodata warga akan ditandatangani Kepala Dinas Disdukcapil itu dapat diterima oleh instansi manapun yang membutuhkan.

Jadi, lanjutnya, baik dari RT sampai dengan kecamatan sudah tidak diperbolehkan lagi membuatkan surat keterangan domisili bagi warganya.

Dia menjelaskan bagi RT/RW yang mempunyai warga sudah tinggal selama bertahun-tahun di Tangsel hendaknya diarahkan untuk memiliki Surat Izin Admistrasi Kependudukan yang diterbitkan oleh perangkat daerah terkait.

Sebab, lanjutnya, azas yang ada di dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) adalah azas domisili atau tempat tinggal.

Ernawati melaui laman resmi Tangsel juga menjelaskan Disdukcapil sejak Januari 2015 sudah dipercayakan untuk mencetak KTP Elektronik, termasuk yang melakukan perekaman pada 2012 di kecamatan.

Adapun kebijakan pendaftaran penduduk telah diatur berdasarkan Undang-undang No. 24/2013 tentang Perubahan UU No. 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper