Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gawat!! Pemakaian Air Tanah Bikin Sungai di Jakarta Kering

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan permukaan tanah di Jakarta turun 10-12 cm setiap tahun. Bahkan, dia memerkirakan 15 tahun mendatang, tak ada lagi air yang mengalir di sungai Jakarta.
Air tanah/dreamstime.com
Air tanah/dreamstime.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan permukaan tanah di Jakarta turun 10-12 cm setiap tahun. Bahkan, dia memerkirakan 15 tahun mendatang, tak ada lagi air yang mengalir di sungai Jakarta.

Menurut Basuki, solusi agar tanah di Jakarta tak terus menurun adalah dengan menyetop pengambilan air tanah dalam. Sedangkan, pengambilan air tanah dangkal tidak terlalu berpengaruh terhadap ‎penurunan muka tanah, sehingga tak perlu dilarang.

"Agar permukaan tanah di Jakarta tak semakin turun, gedung-gedung pemerintahan harus berhenti mengambil air tanah," ujar Basuki Hadimuljono saat penutupan Roundtable Meeting on Land Subsidence atau Diskusi Meja Bundar Internasional yang berlangsung di Ruang Pola Balai Kota, Selasa (26/5/2015) sore.

"Perda juga disiapkan untuk mengatur pengambilan air oleh gedung-gedung pemerintah," sambungnya.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan pihaknya akan melakukan reklamasi untuk mengurangi dampak penurunan muka tanah.

"Pemprov DKI juga bekerja keras memikirkan pengelolaan air. Kami sepakat untuk membuat investasi besar dalam pengelolaan air," kata Ahok.

Diskusi ini dihadiri oleh ahli‎ dari luar negeri, antara lain dari Amerika Serikat, Thailand, Belanda, dan Italia. Sedangkan ahli dari Indonesia, antara lain Profesor Widjojo Prakoso dari UI, Abdurrachman Assegaf dari Trisakti, Profesor Hasanuddin Z Abidin, Lambok Hutasoit, dan Masyhur Irsyam dari ITB, dan Muhammad Warid dari Badan Geologi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Beritajakarta.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler