Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Rincian Pengalihan Jalan Perayaan Hari Jadi Bogor ke-533

Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Bogor, sejumlah acara digelar dan berikut ini adalah rincian pengalihan jalan di kota tersebut.
Ilustrasi-Festival Payung turut meriahkan HUT Kota Bogor ke-533/Antara
Ilustrasi-Festival Payung turut meriahkan HUT Kota Bogor ke-533/Antara

Bisnis.com, BOGOR- Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor akan merayakan hari jadinya yang ke-533 pada 3 Juni 2015. Berbagai perayaan digelar di kedua daerah tersebut.

Perayaan Hari Jadi Bogor (HJB) pada 2015 ini dipastikan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya dengan kontribusi aktif warga Kota Bogor dalam menuangkan ide kreatifnya lewat Helaran Pawai Budaya.

"Festival akan dilaksanakan Sabtu (30/5) dimulai pukul 13.00 sampai dengan 17.30 dengan mengambil start di GOR Pajajaran dan finish si lapangan Sempur," demikian keterangan resmi yang diterima, Sabtu (30/5/2015).

Untuk kelancaran acara, panitia bekerjasama dengan DLLAJ Kota Bogor dan Polresta Bogor akan menutup jalan yang dilewati rombongan pawai budaya yang terdiri dari 20 kendaraan hias. Sementara untuk mengurai kepadatan ruas jalan yang akan timbul, telah direncanakan pengalihan sejumlah ruas jalan.

Berikut rencana pengalihan sejumlah ruas jalan terkait helaran Pawai Budaya HJB 2015:

Arus kendaraan yang akan masuk ke Jalan Ahmad Yani lewat Warung Jambu akan dialihkan ke Simpang BORR, Jl. Pajajaran dan Indraprasta.

Arus kendaraan yang datang dari Jl. RE. Martadinata (Cimanggu) yang menuju kota melalui Air Mancur akan dialihkan ke Jl. Pemuda dan dilanjutkan ke Jl. Dadali lalu masuk ke Jl. Pajajaran.

Arus kendaraan dari Jl. Kapten Muslihat menuju Jl. Jend. Sudirman atau Sempur akan dialihkan lewat BTM menuju Pasar Bogor berlanjut ke Jl. Otista (Tugu Kujang). Untuk arus dari BTM menuju Sempur atau Jl. Jend. Sudirman akan dialihkan lewat Jl. Kapten Muslihat menuju Jembatan Merah.

"Bila arus kendaraan di Jl. Kapten Muslihat menuju Jl. Ir. H. Juanda mulai terlihat padat, sebagian arus akan dialihkan ke Jl. Paledang melalui Bank BNI lalu belok kanan kearah BTM," tulis keterangan tersebut.

Selain untuk kelancaran Helaran Pawai Budaya, pengalihan ini dimaksudkan untuk kenyamanan berkendara bagi warga Kota Bogor atau para pendatang yang ingin menyaksikan helaran. Khusus untuk jalur Jalan Ahmad Yani dipastikan selama helaran berlangsung tidak akan dilalui kendaraan

Kemarin, sejumlah guru, dan pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Bogorunjuk gigi membaca sajak sunda sebagai rangakaian perayaan tersebut.

Sajak sunda Ngadegna Dayeuh Bogor buah karya Pacilong dilombakan dalam Pasanggiri Maca Pantun Pacilong Dayeuh Bogor.

Kegiatan yang diselenggarakan olehDinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor bekerjasama dengan Dewan Kesenian Kebudayaan Kota Bogor (DK3B)ini berlangsung Jumat (29/5) di Gedung Kemuning Gading Bogor.

Kepala Disbudparekraf Kota Bogor Shahlan Rasyidi menyampaikan lomba ini merupakan hal positif yang setiap tahun dilakukan dengan tujuan mencari bibit-bibit barudalam melestarikan seni sunda.

Rencananya pemenang lomba akan ditampilkan pada saat Rapat Paripurna Istimewa saat puncak peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-533 pada 3 Juni 2015 untuk membaca pantun pacilong dan sejarah Bogor, katanya.

Selain untuk mencari bakat dan potensi siswa, kompetisi ini juga untuk memasyarakatkan dan menumbuhkan rasa cinta generasi muda terhadap pantun pacilong dan sejarah Bogor.

Pantun pacilong merupakan salah satu puisi yang harus dipahami dan dimaknai, bukan hanya dibaca tetapi memaknai isinya, jelasnya.

Intinya, lanjut Shahlan, dalam pantun pacilong itu tersirat makna bahwa membangun Bogor perlu ada kebersamaan dan gotong royong.

Shahlan juga bersyukur atas keterlibatan elemen masyarakat yang cukup besar dalam peringatan HJB tahun ini. Diakuinya rangkaian acara dalam peringatan tahun ini lebih semarak dan variatif dibanding tahun sebelumnya.

Tahun depan harus lebih banyak lagi yang terlibat dari elemen masyarakat, harap Shahlan.

Rangakaian perayaan hari jadi tersebut telah digelar sejak beberapa hari yang lalu dengan menampilkan sejumlah hiburan di Balaikota Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper