Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Rencana Operasi Pasar Daging Sapi dan Daging Ayam di DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta segera menggelar pasar murah daging sapi dan ayam dengan memberikan subsidi sebesar Rp50.000/kg daging sapi dan Rp25.000/kg daging ayam pada H-4 hingga H-2 Lebaran tahun ini.
Daging Sapi Segar/Antara
Daging Sapi Segar/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta segera menggelar pasar murah daging sapi dan ayam dengan memberikan subsidi sebesar Rp50.000/kg daging sapi dan Rp25.000/kg daging ayam pada H-4 hingga H-2 Lebaran tahun ini.

Sri Haryati, Kabid Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DKI Jakarta, mengatakan jumlah daging sapi yang akan disubsidi 36.437 kilogram, daging ayam 19.500 ekor.

"Untuk daging ayam 1 ekor asumsinya setara dengan 1 kg. Jadi 19.500 ekor ayam sama dengan 19.500 kg," tuturnya, Kamis (11/6/2015).

Besaran subsidi yang diberikan pada masyarakat sebesar Rp50.000/kg untuk daging sapi dan Rp25.000/kg daging ayam.

Berdasarkan kesepakatan dengan penyedia daging, dalam hal ini PD Dharmajaya selaku BUMD DKI Jakarta, harga jual daging sapi akan dijaga pada level maksimal Rp89.000/kg, sementara daging ayam pada kisaran Rp40.000/kg.

"Jadi masyarakat nanti cukup hanya membayar Rp39.000/kg daging sapi dan Rp15.000/kg daging ayam," jelasnya.

Mekanisme pendistribusian subsidi melalui kupon subsidi yang diberikan kepada masyarakat, sehingga dengan kupon tersebut masyarakat dapat membeli daging sapi dan ayam dengan sangat terjangkau.

"Pembelian daging subsidi dilakukan warga dengan penukaran kupon melalui metode deliveri order (DO), di mana datanya sudah ada dari kelurahan masing-masing sehingga mengurangi tingkat kesalahan sasaran," tuturnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera mengucurkan anggaran sekitar Rp2,3 miliar untuk subsidi harga daging sapi dan ayam yang cenderung melonjak saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri tersebut.

Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DKI Jakarta, Darjamuni, mengatakan pemberian subsidi itu akan diwujudkan dalam kegiatan pasar murah yang akan digelar selama 3 hari, yakni H-4 hingga H-2 Lebaran.

"Kami akan menggelar pasar murah berupa pemberian subsidi pada masyarakat untuk mendapatkan daging sapi dan ayam segardengan harga terjangkau," tuturnya, Kamis (11/6/2015).

Menurutnya dengan pemberian subsidi tersebut maka masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di DKI Jakarta, tetap bisa menikmati daging sapi dan ayam yang segar saat merayakan Ramadan serta Idul Fitri tahun ini.

Subsidi juga dimaksudkan untuk mengendalikan tingginya harga daging sapai dan ayam menjelang hari besar keagamanan nasional, sebagai bentuk intervensi pemerintah dalam upaya menstabilkan harga produk pangan.

"Sasarannya warga kurang mampu, yang telah melalui proses seleksi oleh Suku Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan di setiap wilayah yang telah bekerjasama dengan kecamatan dan kelurahan serta stakeholder terkait," tuturnya.

Darjamuni menambahkan, dalam hal penyediaan daging sapi dan ayam tersebut, Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan bekerjasama dengan PD Dharmajaya dan Unit Pengelola. Rumah Pemotongan Hewan (UP-RPH).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper