Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REL GANDA MAJA-MERAK: Pembebasan Lahan Jalur Rangkasbitung Dimulai

Proyek jalur ganda dan elektrifikasi kereta api Maja - Merak di Banten sampai tahun depan terus fokus pada pengadaan lahan ruas Rangkasbitung - Merak.

Bisnis.com, TANGERANG--Proyek jalur ganda dan elektrifikasi kereta api Maja - Merak di Banten sampai tahun depan terus fokus pada pengadaan lahan ruas Rangkasbitung - Merak.

"Kami harap sebelum pemerintah baru ini selesai, sudah bisa beroperasi Maja - Merak itu. Pembangunannya kan tidak cukup dalam setahun," tutur Kepala Bappeda Banten M. Yanuar kepada Bisnis, Rabu (24/6/2015).

Rangkaian jalur kereta api menuju Merak ini kelak bermula dari Tanah Abang lalu ke Serpong, Parung Panjang, Maja, Rangkasbitung, barulah Merak. Periode pematangan persiapan jelang operasi ditargetkan berlangsung mulai 2017 dan pada 2019 mulai beroperasi.

Pekerjaan rumah soal lahan terbanyak ada di jalur Rangkasbitung - Merak, diperkirakan terus berlangsung sampai 2016. Pada tahun depan akan dilakukan pula peningkatan trek yang ada, persinyalan dan telekomunikasi, pembangunan jembatan, serta stasiun termasuk Stasiun Merak Baru.

Bambang Drajat, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Kemenhub, mengatakan bagaimanapun kelanjutan pengerjaan proyek lebih dari Rp1 triliun itu tergantung kelancaraan pengadaan lahan.

"Kalau pembebasan tanahnya cepat ya akan cepat. Apalagi ruas ini harus dibangun bertahap, Maja  ke Rangkasbitung dulu sekitar 4,5 km," tuturnya kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper