Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Pemudik Pakai Bus di Sumsel Turun 5%

Pemprov Sumatra Selatan memprediksi jumlah penumpang bus di Sumatra Selatan turun 5% menjadi 578.758 orang pada tahun ini, menyusul banyaknya pemudik yang memilih menggunakan alat transportasi lainnya.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, PALEMBANG—Pemprov Sumatra Selatan memprediksi jumlah penumpang bus di Sumatra Selatan turun 5% menjadi 578.758 orang pada tahun ini, menyusul banyaknya pemudik yang memilih menggunakan alat transportasi lainnya.
 
Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Sumatra Selatan Nasrun Umar mengatakan menurunnya jumlah penumpang bus tersebut antara lain disebabkan banyaknya angkutan umum penumpang berplat hitam yang beroperasi.
 
“Jumlah bus saat ini sebanyak 21.260 bus, atau sekitar 637.800 kursi. Saya kira jumlah ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pemudik.,” katanya usai rapat Persiapan Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2015, Selasa (01/07).
 
Nasrun menilai turunnya penumpang bus tersebut juga disebabkan kian besarnya minat pemudik melalui jalur udara. Dia memprediksi total pemudik yang menggunakan transportasi udara bakal naik 10% menjadi 172.970 orang, dari sebelumnya sebayak 156.824 orang.
 
Meski demikian, lanjutnya, pihaknya tidak serta merta menambah jumlah penerbangan. Pasalnya, kapasitas transportasi udara di Sumatra Selatan saat ini masih cukup untuk melayani para pemudik, sehingga penambahan jumlah penerbangan belum diperlukan.
 
“Kapasitas transportasi udara di Sumatra Selatan saat ini cukup besar, yakni sekitar 312.230 kursi atau tumbuh 59% dari tahun lalu. Jadi saya kira kapasitas transportasi saat ini sudah lebih dari cukup,” tuturnya.
 
Meski demikian, Pemprov juga menyiapkan langkah antisipasi apabila terjadi lonjakan penumpang bus, a.l. pertama, menggerakkan mobil cadangan. Kedua, menambah rute angkutan kota dalam provinsi (AKDP). Ketiga,  menggerakkan mobil pariwisata, kelas ekonomi dan kelas nonekonomi.
 
Terkait moda kereta api, Pemprov Sumatra Selatan memperkirakan kenaikan penumpang pada arus mudik tahun ini naik tipis sekitar 4%, menjadi 119.191 orang dari tahun sebelumnya sebanyak 114.607 orang.
 
Di sisi lain, Nasrun mengaku lonjakan penumpang justru bakal terjadi di angkutan penyeberangan Palembang-Muntok via air. Dia memprediksi jumlah penumpang feri bakal naik hingga 30% menjadi 30.376 orang dari tahun sebelumnya 23.366 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper