Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Solusi Transjakarta Cegah Kebakaran Bus Gandeng

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan meremajakan sejumlah bus melalui pengujian dan tidak mengizinkan pengoperasian bus tua yang tidak layak untuk mencegah kecelakaan dan kebakaran bus.nn
Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius N.S. Kosasih. /Bisnis.com
Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius N.S. Kosasih. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan meremajakan sejumlah bus melalui pengujian dan tidak mengizinkan pengoperasian bus tua yang tidak layak untuk mencegah kecelakaan dan kebakaran bus.

Adapun bus gandeng Transjakarta yang terbakar hari ini di halte UI Salemba, Kamis (3/7/2015) adalah bus bermerk KOMODO buatan dalam negeri yang dioperasikan oleh LORENA.

Bus tersebut sudah tujuh tahun beroperasi dan diketahui baru saja beroperasi kembali setelah dilakukan rekondisi total terhadap seluruh badan bus tersebut di salah satu karoseri di Bogor.

"Saya sebelumnya sudah minta pihak LORENA untuk meremajakan bus lama mereka dan Direksi LORENA pun sudah menyanggupi untuk mengganti seluruh 13 bus gandeng mereka dengan 26 bus single. Tapi mereka menyatakan masih berproses dengan Dinas Perhubungan dan Transportasi terkait perizinan, trayek, dan lain sebagainya." ujar Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius N.S. Kosasih.

Menurut Kosasih, kejadian ini dikarenakan semua bus gandeng LORENA akan segera diproses untuk ditarik kembali ke pool LORENA. Selanjutnya teknisi Transjakarta dan teknisi KOMODO akan bersama-sama melakukan audit kelengkapan peralatan dan kondisi teknis bus.

"Kami tidak akan izinkan bus-bus tersebut beroperasi sebelum kami periksa. Saya sudah minta Direktorat Operasional dan Direktorat Teknik berkoordinasi terkait hal ini dan kami tidak mau terjadi lagi hal yang sama," imbuh Kosasih.

Ke depannya dalam pengadaan bus baru Transjakarta akan memberikan pembobotan yang lebih besar pada kualitas teknis dan tidak semata-mata menilai dari sisi biaya termurah saja.

"Justru karena kami mendapat PMP dan PSO kami harus bertanggung jawab dengan memberikan yang terbaik kepada para pengguna layanan kami," jelasnya.

Dalam kondisi sementara Kosasih menyatakan alte UI Salemba rusak ringan. Sementara sedang dievaluasi dan akan kami perbaiki segera. Jika tidak memungkinkan untuk dioperasikan maka halte akan kami tutup sementara.

"Kami bersyukur api dapat dipadamkan dengan cepat karena penanganan yang baik dari para petugas dan team di lapangan, serta tidak ada korban sama sekali dalam kejadian ini." Kosasih menutup pembicaraannya.

Saat ini TransJakarta telah melakukan pembelian 51 unit bus gandeng merk Scania asal Swedja dengan menggunakan Layanan Pengadaan Secara Elektronik melalui eKatalog LKPP.

Ada 20 unit dari 51 unit tersebut telah tiba di Jakarta pada perayaan ulang tahun Jakarta, Senin (22/6/2015) lalu dan mulai akhir minggu depan secara bertahap bus-bus berlogo baru tersebut akan mulai meluncur di jalanan Ibu Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper