Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUNIAN APARTEMEN: Dukcapil Prioritaskan Pembentukan RT/RW di JakSel

Dukcapil DKI mencatat kota Jaksel sebagai kota dengan jumlah apartemen tertinggi di Jakarta
Ilustrasi
Ilustrasi
Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta mencatat Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai kota dengan jumlah apartemen tertinggi sehingga JakSel akan menjadi prioritas pembentukan RT/RW
 
Akibat peningkatan jumlah pendatang melalui arus balik sebesar 3% mendorong Dukcapil DKI segera mendata kawasan hunian di DKI Jakarta.
 
Kepala Dukcapil DKI Edison Sianturi mencatat bahwa apartemen atau rumah susun milik (rusunami) terbanyak berlokasi di Jakarta Selatan. Oleh sebab itu Edison akan memprioritaskan pengelolaan RT/RW terlebih dahulu di Jakarta Selatan.
 
"Apartemen terbanyak itu di Jakarta Selatan, maka akan kami tata. Dari 80 apartemen di Jakarta Selatan, lebih dari 50% akan segera kami kelola pembentukan RT/RW-nya," ujar Edison.
 
Edison juga mengaku peringkat kedua jumlah apartemen terbanyak berada di kawasan Jakarta Utara.a
 
"Di Utara lumayan banyak juga, di Kelapa Gading, tetapi disana sudah banyak yang menjalankan RT/RW, dan struktur wilayah di Utara juga lebih baik," kata Edison.
 
Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menargetkan pada Desember 2015 paling lambat semua rusunami, rusunawa, dan apartemen di DKI Jakarta sudah terdata dan memiliki RT/RW.
 
"Dengan cara itu kita bisa akurat mendata siapa penghuni rusun, apartemen itu. KTP-nya mana, rumahnya mana, fotonya seperti apa. Pendataan ini penting. Sekaligus juga untuk database pendataan pemilu. Mereka sudah sepakati bersama," ungkapnya di Balai Kota bulan lalu (19/5/2015).
 
Djarot menegaskan pentingnya pengawasan melalui kontrol sosial warga dengan RT/RW. Menurutnya kontrol sosial tidak akan tercipta tanpa adanya relasi antar penghuni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper