Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata Ini Alasan Kenapa Ahok Dukung Go-Jek

Ternyata Ini Alasan Kenapa Ahok Dukung Go-Jek
Go-Jek/gojek.com
Go-Jek/gojek.com

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyesalkan aksi kekerasan terhadap pengemudi Go-Jek di Jakarta. Ia berjanji akan menemui Kepala Kepolisian Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian untuk menuntaskan persoalan itu. 

Ahok menyebut aksi kekerasan terhadap pengemudi Go-Jek, seperti warga Jakarta lainnya, tak bisa dibiarkan."Rabu saya mau ketemu Kapolda untuk jelaskan masalah ini dan bicara penegakan hukumnya," kata Ahok, sapaan Gubernur Basuki, di Parkir Timur Senayan, Senin, 27 Juli 2015.

Sebelumnya, peristiwa pemukulan seorang pengemudi Gojek bernama Istiqomah ramai diperbincangkan di media sosial. Dia dipukul kepalanya di depan kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, pada Jumat, 24 Juli 2015.

Sejak awal Ahok mengaku termasuk yang mendukung gaya transportasi baru model Go-Jek. Meski mendukung, Ahok tak punya rencana untuk melegalkan model pengangkutan penumpang seperti ojek lantaran meluasnya penolakan Go-Jek di banyak wilayah. Menurut dia, masyarakat Indonesia butuh jenis angkutan itu sementara tak ada jaminan undang-undang yang memasukkan sepeda motor sebagai daftar transportasi umum.

Ahok mengakui menyamakan sistem yang diterapkan Go-Jek dengan taksi modern. Penilaian itu merujuk pada cara Go-Jek mencari penumpang. “Tujuan Go-Jek memudahkan pramudinya mencari penumpang,” kata Ahok pada 10 Juli 2015. 

Hanya saja, menurut Ahok, taksi menggunakan saluran radio untuk mendistribusikan pesanan penumpang ke pengemudi. Sementara Go-Jek dianggap selangkah lebih maju karena membuat aplikasi yang kompatibel dengan gawai. “Jadi pramudi itu tak perlu ngetem di pinggir jalan, menunggu enggak jelas sambil main gaple begitu,” kata Ahok.

Bedanya, taksi memang punya wadah dalam perusahaan resmi. Sementara GoJek hanya sekadar memfasilitasi pramudi ojek agar bisa menjemput penumpang dengan lebih efisien. “Pramudi yang sudah bergabung dan merasakan sistem Go-Jek pasti mendapat penumpang lebih banyak,” kata Ahok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper