Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PROGRAM SEJUTA RUMAH: BTN Bakal Suntik Dana Rp10 Triliun ke Jakpro

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berencana mengucurkan dana sebesar Rp10 triliun kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk pembangunan rumah susun sewa sederhana di Jakarta.
BTN
BTN
Bisnic.com, JAKARTA--PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berencana mengucurkan dana sebesar Rp10 triliun kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk pembangunan rumah susun sewa sederhana di Jakarta. 
 
Direktur Utama BTN Maryono mengatakan niatnya menjalin kerja sama dengan badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta tersebut terkait program Presiden Joko Widodo untuk membangun satu juta rumah. 
 
"Kami akan menyiapkan dana minimal Rp10 triliun untuk Jakpro. Uang tersebut akan digunakan untuk membiayai pembangunan kompleks rusunawa di beberapa titik di Ibu Kota," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (4/8/2015). 
 
Dia menuturkan pihaknya telah membicarakan hal ini kepada Direktur Utama PT Jakpro Abdul Hadi dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebagai pihak yang akan mengeksekusi pembangunan rusunawa di wilayah Jakarta. 
 
Menurutnya, pemerintah pusat sebenarnya sudah menyiapkan alokasi dana untuk pembangunan sejuta rumah. Kendati demikian, lanjutnya, BTN menawarkan alternatif pendanaan lantaran kapitalisasi yang dibutuhkan untuk mendukung program ini terbilang besar.
 
Selain memberi bantuan berupa pinjaman kepada PT Jakpro, Maryono juga memaparkan perusahaannya juga akan mendukung pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) bagi masyarakat Ibu Kota. 
 
"Kami akan support pembiayaan KPR untuk masyarakat umum, termasuk pegawai negeri sipil [PNS]. Kami akan berkoordinasi dengan PT Jakpro dan Dinas Perumahan DKI Jakarta terkait hal ini," paparnya. 
 
Program sejuta rumah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada April 2015 silam. Program tersebut dilaksanakan untuk mengurangi defisit (backlog) perumahan di Indonesia yang mencapai 13,5 juta unit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper