Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURUH KEPUNG ISTANA: PDIP Minta Jokowi Tepati Janji

Anggota DPR dari Fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) merealisasikan janji kampanye terkait dengan peningkatan kesejahteraan kalangan pekerja.
Rieke Diah Pitaloka/Antara
Rieke Diah Pitaloka/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Anggota  DPR dari Fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) merealisasikan janji kampanye terkait dengan peningkatan kesejahteraan kalangan pekerja.

Hal ini diungkapkan Rieke menanggapi aksi ribuan pekerja di Jakarta yang menuntut upah layak, penurunan harga bahan pangan, menolak kenaikan harga BBM, serta revisi persentase iuran jaminan pensiun.

"Saya mengingatkan Presiden Jokowi untuk memenuhi janji politik pada saat pilpres kepada pekerja, yakni trilayak. Kerja layak, upah layak dan hidup layak," katanya dalam siaran pers yang diterima, Selasa (1/9/2015).

Rieke memprediksi dalam beberapa hari ke depan aksi yang dilakukan pekerja akan rutin. Sebab bulan ini telah dimulai mekanisme penentuan pengupahan untuk tahun depan, yang dimulai dengan survei komponen hidup layak (KHL).

Di sisi lain, anggota Komisi IX DPR  itu meminta kepada pemerintah untuk menyusun peta jalan yang terintegrasi utuh antar kementerian untuk menyambut pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada Desember nanti.

"Kesepakatan-kesepakatan MEA belum tersosialisasi dengan baik kepada seluruh pihak terkait, kepada pihak industri dan pemberi kerja, apalagi pada pekerja. Belum ada road map kerja yang terintegrasi utuh antara Kementrian Industri, Perdagangan, Tenaga Kerja, dan BUMN."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper