Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Air Danau Menyusut, Sumur Warga Terancam Kering

Permukaan air sejumlah situ atau danau di wilayah Tangerang Selatan tampak turun sekitar 20-30 cm akibat kemarau panjang.
Ilustrasi: Situ Gintung pascabobol
Ilustrasi: Situ Gintung pascabobol

Bisnis.com, TANGSEL- Permukaan air sejumlah situ atau danau di wilayah Tangerang Selatan tampak  turun sekitar 20-30 cm akibat kemarau panjang.

Kondisi tersebut antara lain terlihat jelas di Situ Gintung, Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Tangsel, yang fungsi utamanya sebagai tempat resapan dan penampungan air.

Sumiyati, warga Cirendeu, mengatakan tanda-tanda penurunan permukaan air Situ Gintung semakin jelas terlihat dalam setengah bulan terakhir ini karena belum ada hujan.

“Biasanya permukaan air situ ini turun akan diikuti oleh mulai asatnya [mengering] sumur bor milik warga, terutama yang belum pakai mesin jet pump,” katanya, Rabu (16/9/2015).

Berdasar pantauan Bisnis.com, kondisi yang nyaris sama terjadi di situ atau danau lainnya seperti Situ Sasak Tinggi dan Situ Ciledug di Kecamatan Pamulang.

Penurunan permukaan air Situ Sasak Tinggi di Jl Pajajaran, akses utama penghubung wilayah Ciputat dan Pamulang, membuat dinding danau tersebut terlihat jelas.

Demikian halnya di Situ Ciledug, di Jl Raya Siliwangi, sebelah Mal Pamulang Square.   

Di wilayah Tangsel terdapat 9 situ atau danau di antaranya Situ Sasak Tinggi, Situ Ciledug dan Situ Pamulang di Kecamatan Pamulang, serta Situ Pondok Jagung atau Rawa Kutuk di Kecamatan Serpong Utara.

Selanjutnya di Kecamatan Ciputat Timur terdapat Situ Rompong, Situ Legoso, dan Situ Bungur, selain Situ Gintung yang dikelola Kementrian Pekerjaan Umum, serta Situ Perigi di Kecamatan Pondok Aren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper