Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA SMART CITY: Belum Semua SKPD Mau Terbuka

Operasional Jakarta Smart City mengalami keterhambatan karena transparansi di SKPD belum sepenuhnya berjalan baik.
Ilustrasi/jakarta.go.id
Ilustrasi/jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA -Upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan program Jakarta Smart City masih terkendala belum terbukanya akses dan informasi di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan DKI Jakarta Ii Kurnia membeberkan operasional Jakarta Smart City mengalami keterhambatan karena transparansi di SKPD belum sepenuhnya berjalan baik.

"Seharusnya tahun ini masuk proses transformasi. Ini agak tersendat karena kami baru membuka transparansinya dulu," ujar Ii di Gedung William Soerdjajaja FK Universitas Kristen Indonesia (UKI), Sabtu (19/9/2015).

Ii membeberkan saat ini belum semua SKPD masuk dalam sistem Jakarta Smart City. Ii menargetkan tahun depan semua SKPD sudah terakomodir dan masuk dalam Jakarta Smart City,

"Sekarang sudah ada 18 SKPD, targetnya ada 22 SKPD. Sudah hampir semua hanya tingkat partisipasinya yang berbeda-beda. Teman-teman SKPD belum bisa berpartisipasi karena transaksinya belum rapi," imbuhnua.

Ada tiga model transparansi yang akam diterapkan dalam Jakarta Smart City yakni transparansi layanan publik, transparansi informasi publik, dan transparansi partisipasi publik. Ii akan mendorong para SKPD merapikan transaksinya sehingga layanannya rapi.

"Semoga transaksi semakin baik sehingga pemerintah Jakarta bisa melakukan transformasi sebagaimana diharapkan dalam tataran e-governance," jelas Ii.

Pengumpulan data secara otomatis akan ditayangkan pula kepada masyarakat.

"Dengan dorongan itu maka ada feedback, masyarakat bisa mengadu apa saja. Bermacam-macam aspirasi kami tampung," paparnya.

Saat ini di Kepolisian dan Polda Metro Jaya, pengaduan kemacetan juga sudah memakai aplikasi smart city. Dengan menggunana Close Circuit Television (CCTV) Kapolda Metro Jaya mempunyai rencana agar Jakarta menjadi kota yang aman. Sebagian lain juga sudah digunakan oleh Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) untuk memantau arus lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper