Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UIN Jakarta Siap Lahirkan Jutaan Wirausaha Muda Kampus

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta bekerja sama dengan Bank Mandiri dan Center for Economic and Democracy Studies (CEDES) menggelar Program Mentoring Wirausaha Muda Kampus.
Ilustrasi/Stjamesvw
Ilustrasi/Stjamesvw

Bisnis.com, TANGSEL- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta bekerja sama dengan Bank Mandiri dan Center for Economic and Democracy Studies (CEDES) menggelar Program Mentoring Wirausaha Muda Kampus.

Program Mentoring Wirausaha Muda Kampus diikuti puluhan mahasiswa dari 20 perguruan tinggi se-Jabodetabek yang digelar kemarin di Syahida Inn UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ciputat Tangerang Selatan.

Dalam kesempatan itu para peserta mendapatkan banyak materi seperti bagaimana menyusun proposal masa depan, etos, etika dan elan vital, serta mahasiswa berwisausaha, dan setrategi memulai usaha  From Zero to Hero.

Arief Mufraini, Dekan FEB UIN Jakarta, mengatakan program tersebut diharapkan dapat menumbuhkan jiwa wirausahawan sarjana perguruan tinggi dengan basis keilmuan yang mereka peroleh di bangku kuliah

“Dengan bekal pendidikan yang lebih baik, mereka sebetulnya memiliki kualifikasi lebih baik untuk dicetak sebagai profesional bisnis melalui program ini,” katanya seperti dikutip dari laman resmi UIN Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Menurutnya, sebagai catatan bahwa dalam beberapa dekade terakhir ini banyak mahasiswa dan sarjana yang memilih jalur wirausaha saat masih dan selepas kuliah di bangku sarjana.

Misalnya pada 2012 mencapai lebih dari 4.725 orang dengan mayoritas mahasiswa dan sarjana bertekad menjadi peserta kegiatan Wirausaha Muda Mandiri (WMM).

Selanjutnya, pada saat yang sama, kegiatan Mandiri Young Technopreneur (MYT) juga menarik minat sebanyak 1.292 orang dari 400 perguruan tinggi se-Indonesia menjadi peserta kegiatan tersebut.

Direktur CEDES, Zaenul Ula, mengatakan kegiatan itu sebagai ikhtiar untuk melahirkan jutaan wirausaha muda kampus, karena dengan modal pendidikan tinggi, mahasiswa dan sarjana memiliki modal penting untuk menciptakan peluang usaha yang kreatif dan inovatif.

“Selain itu, tentunya kegiatan juga bisa membangun mindset dan skill mahasiswa agar lebih kreatif menciptakan lapangan kerja, sehingga nantinya tidak bergantung pada lapangan kerja formal,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper