Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Jabodetabek Diprediksi Belum Surut Sampai Desember

Masyarakat di daerah-daerah penyangga Ibu Kota tampaknya tetap harus membiayai berbagai kebutuhan hidupnya dengan harga tinggi selama sampai penghujung 2015.n
Pedagang sapi/Antara
Pedagang sapi/Antara

Bisnis.com, TANGERANG—Masyarakat di daerah-daerah penyangga  Ibu Kota tampaknya tetap harus membiayai berbagai kebutuhan hidupnya dengan harga tinggi selama sampai penghujung 2015.

Ina Primiana, Peneliti Lembaga Pengkajian Penelitian dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, mengatakan kondisi itu terpengaruh laju inflasi triwulan keempat tahun ini yang diperkirakan belum akan susut.

Pada bulan lalu Tangerang jadi penyangga DKI Jakarta yang inflasinya meroket tinggi sebesar 8,11%. Secara keseluruhan inflasi di Tangerang memang paling besar ketimbang Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek).

Inflasi di Jabodetabek diperkirakan belum akan menyusut pada triwulan terakhir alias Oktober – Desember 2015. “Distribusi barang kemungkinan jadi semakin parah karena akan berhadapan dengan Natal dan jelang Tahun Baru 2016,” ucap Ina kepada Bisnis, akhir pekan ini.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Banten Syech Suhaimi menyatakan inflasi 8,11% di Tangerang merupakan yang terbesar di Jabodetabek. "Laju inflasi year on year di Tangerang tetap menempati urutan tertinggi selain Cilegon," katanya.

Di Ibu Kota inflasi hanya tercatat sebesar 7,24% (yoy), angka ini tertinggi kedua setelah Tangerang. Sementara di kota penyangga DKI lain masing-masing 6,25% untuk Bogor, 5,53% di Depok, sedangkan Bekasi 6,07%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper