Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUMBER WARAS GATE: Ahok Tantang BPK Buka Rekaman Pemeriksaan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja (Ahok) menantang BPK membuka rekaman video pemeriksaannya terkait pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras.
Para Siswa SD mengerumuni Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10/2015)/Bisnis.com-Gloria Fransisca
Para Siswa SD mengerumuni Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10/2015)/Bisnis.com-Gloria Fransisca

Bisnis.com, JAKARTA-- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja  (Ahok) menantang BPK membuka rekaman video pemeriksaannya terkait pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras.

"Saya tantang BPK nih, Pak Yudi (Juru bicara BPK)," kata Ahok saat ditemui di Balai Kota, Selasa (24/11/2015).

Dikatakan, apabila BPK ingin membersihkan nama baiknya, BPK hanya perlu memperlihatkan video wawancara mereka dengan dirinya kepada masyarakat.

"Saya pura-pura baik aja sama dia (Yudi) kemarin. Bolak-balik ngomongnya nggak enak. Kalau betul-betul kalian mau bersihkan nama BPK, nggak usah repot humas-humasan. Buka aja wawancara saya kemarin selama 8-9 jam lebih," tutur Ahok.

Dengan dibukanya rekaman tersebut, menurut Ahok, masyarakat dapat menilai sendiri pihak yang salah ataupun pihak yang benar.

Kemarin dia ambil rekaman saya, 'Kenapa kamu di rekaman ngomong seperti itu?'.

“ Saya tanya balik, kalau saya mau curang, apakah saya berani semua rapat saya upload ke Youtube?" ujar Ahok.

Pancing Emosi

Ahok menilai, BPK sengaja memancing emosinya agar dia menolak untuk diperiksa. Saat baru tiba di BPK, Biro Komunikasi dan Informasi Masyarakat DKI Jakarta dilarang merekam pemeriksaan yang mesti dijalani oleh Ahok.

"Staf saya mau masuk bantuin cari berkas yang ditanya juga nggak boleh. Saya mana tau berkas begitu banyak, segepok," kata Ahok.

Ahok pun mengungkapkan, BPK tidak mengizinkan Biro Hukum DKI Jakarta untuk membantunya menjelaskan isi dari berita acara pemeriksaan (BAP) yang harus ditandatanganinya.

"Begitu udah selesai BAP nih, delapan lembar, saya suruh staf hukum saya membaca yang tersirat dan tersurat, ada jebakan atau tidak, baru saya tanda tangan, tapi nggak boleh. Makanya saya katakan, ini ada apa," ujar Ahok.

Ahok kembali menegaskan, apabila BPK serius dalam mencari kebenaran dalam kasus pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras, BPK harus berani membuka video pemeriksaannya kepada masyarakat.

"Sekarang saya tantang BPK, mari buka ke publik. Kalau dibuka, semua orang akan menilai tendensius atau tidak. Tapi buat yang suka ngata-ngatain saya, hey, aku sudah sembuh ya, sudah bisa mengendalikan diri keluar kata-kata toilet. Terima kasih," kata Ahok.

Ahok diperiksa oleh BPK terkait kasus pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras yang menurut BPK DKI Jakarta merugikan negara sebesar Rp 181 miliar, Senin (23/11/2015).

 Ahok diperiksa selama kurang lebih 9 jam. Setelah pemeriksaan, Ahok sempat meminta maaf karena telah berprasangka buruk kepada BPK. Ahok pun berujar, dirinya banyak belajar dari BPK tentang sistem administrasi keuangan yang disusun oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta yang diakuinya salah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper