Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Tangerang Fasilitasi Kemitraan UMKM

Pemerintah Kota Tangerang mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan jalur pemasaran online dengan menggandeng pelaku ritel online.
Pengrajin bingkai foto/Ilustrasi-Antara
Pengrajin bingkai foto/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan jalur pemasaran online dengan menggandeng pelaku ritel online.

Hal itu dilakukan melalui even Tangerang Expo 2016 yang rencananya digelar pada 26 Februari-1 Maret 2016. Kegiatan tersebut bakal menggandeng pelaku ritel online yakni belanja.com.

“Pemanfaatan jalur pemasaran online merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM. Melalui pemasaran online, UMKM tidak memerlukan biaya besar dalam memasarkan produknya,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Tangerang Sayuti di Tangerang, Selasa (9/2/2016).

Menurutnya, pihaknya akan memfasilitasi kemitraan dengan sekitar 200 UMKM yang mendaftar dalam Tangerang Expo 2016. Rencananya, Pemkot Tangerang menyediakan 105 stan.

Tak hanya itu, dirinya mengemukakan Pemkot Tangerang juga intensif dalam memfasilitasi UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal dan sertifikasi standar nasional Indonesia (SNI).

“Kebanyakan UMKM yang mengurus sertifikat SNI memang yang berskala menengah. Kendalanya adalah sertifikasi [SNI[ berbayar dan itu cukup mahal sehingga belum banyak UMKM yang produknya sudah SNI,” katanya.

Hingga saat ini, Disperindagkop hanya bertugas melakukan sosialisasi kepada UMKM, sedangkan pengawasan produk SNI dilakukan oleh pemerintah pusat. Kendati demikian, belum semua produk industri diwajibkan memiliki SNI.

Dalam hal permodalan, Pemkot Tangerang juga tengah mempersiapkan pembuatan izin usaha mikro kecil (IUMK) bagi para pelaku usaha mikro, dan kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper