Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Target, Pemkot Tangerang Pasang Tapping Box

Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Kota Tangerang segera memasang tapping box di sejumlah tempat usaha untuk memaksimalkan penerimaan pajak pada tahun ini.
Petugas pajak. /Bisnis.com
Petugas pajak. /Bisnis.com

Bisnis.com, TANGERANG-Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Kota Tangerang segera memasang tapping box di sejumlah tempat usaha untuk memaksimalkan penerimaan pajak pada tahun ini.

Alat tersebut digunakan untuk untuk memantau transaksi dari suatu tempat usaha secara online dan mencegah kecurangan. Pada tahap awal, DPKD Kota Tangerang mulai memasang 20 tapping box di sejumlah tempat usaha seperti hotel, restoran, parkir swasta dan tempat hiburan, yang berskala besar.

“Penerapan akan dilakukan pada Maret 2016. Kami memasang sampling di perusahaan-perusahaan besar saja. Mungkin lebih banyak di restoran, karena PAD kita yang paling besar dari sana," kata Kabid Pajak Daerah dan Pendapatan Lainnya DPKD Kota Tangerang Muhammad Arfan, Rabu (10/2/2016).

Dengan adanya tapping box, pengusaha atau wajib pajak tidak bisa memanipulasi data dalam pembayaran pajak ke Pemerintah Kota Tangerang. Selain itu, alat ini juga dinilai lebih efektif dalam pemeriksaan pajak.

"Saat ini kan kami masih menggunakan petugas checker alias manual. Jadi kalau mau mengaudit laporan wajib pajak, membutuhkan waktu yang cukup lama. Alat ini cukup efektif untuk memantau,” tambahnya.

Menurut Arfan, untuk di Provinsi Banten, baru Kota Tangerang yang menerapkan alat tapping box untuk pengawasan pajak. Kota lainnya yang sudah menggunakan alat ini adalah Bogor dan Depok.

Adapun target pendapatan dari sektor pajak daerah pada tahun 2016 sebesar Rp1,192 triliun. "Target pendapatan yang paling besar yakni pajak restoran dari Rp 190 miliar menjadi Rp 210 miliar," ungkap Arfan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper