Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA TEMPO DOELOE: Ini Asal Usul Nama Pondok Pinang Jakarta Selatan

Pondok Pinang adalah satu kawasan yang merupakan kelurahan di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Masjid Ni'matul Ittihad Pondok Pinang Jakarta Selatan/JIBI
Masjid Ni'matul Ittihad Pondok Pinang Jakarta Selatan/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA-Pondok Pinang adalah satu kawasan yang merupakan kelurhan di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kelurahan Pondok Pinang berbatasan langsung dengan Tanah Kusir (saluran Sungai Pesanggrahan) di sebelah utara, Sungai Pesanggarahan di barat, Jalan Arteri Pondok Indah di timur dan Terminal Lebak Bulus-Pasar Jumat di selatan.

Mengenai asal usul dinamai Pondok Pinang tersebut dijelaskan oleh Zaenuddin HM dalam bukunya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Dijelaskan bahwa kawasan itu disebut Pondok Pinang karena menurut riwayatnya dahulu banyak pondok atau rumah-rumah tempat persingggahan para tentara Hindia Belanda maupun budak-budak yang dipekerjakan VOC di sana.

Juga banyak tumbuh pohon pinang, yakni jenis pohon palem namun buahnya bisa dimakan karena baik untuk pencernaan dalam tubuh. Jadi, Pondok Pinang adalah perpaduan dua kata “pondok” dan “pinang.”

Di kawasan Pondok Pinang terletak komplek perumahan elit Pondok Indah beserta Mal Pondok Indah yang merupakan salah satu mal pertama di Jakarta yang dibangun pada 1991.

Beberapa tahun kemudian, pada 2095 dibangun pula Mal Pondok Indah 2 yang terletak diseberang mal yang lama.

Seiring dengan perkembangan kota, tingkat kemacetan lalu lintasnya semakin padat di perempatan Pondok Indah Mal, telah dibangun underpass untuk mendaraan dari arah Jalan Arteri Pondok Indah ke Jalan Metro Pondok Indah dan sebaliknya.

Di kawasan Pondok Pinang sekarang sudah banyak berdiri bangunan perkantoran serta masjid yang cukup besar antara lain Masjid Ni'matul Ittihad dan Masjid Biru Pondok Indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper